Recent Posts

Wednesday 8 November 2017

[Day 7][Materi 1] Games Bunda Sayang : Komunikasi Produktif

Entah kenapa, kalau emaknya lagi sakit, Zalfa bawaannya malah nempeeel terus. Khawatir kali ya.

Alhamdulillah hari ini bisa dibuat cuci piring..mumpung Kenzie tidur.

Baru cuci beberapa, Zalfa yang habis main sama Utinya nangis
"Mamaaaa...Mama kemana..Japa cari2 mama"
"Mama cuci piring nak, sini yuk"
"Zalfa mau bantu mama?"
"Mauu"
"Zalfa bagian taruh piringnya di bak, ya. Kayak gini naruhnya" ujar saya memberikan instruksi sesingkat mungkin sambil mencontohkan langsung.
"Zalfa bisa?"
"Bisa ma" ucapnya mantap.
😊 Alhamdulillah dapat asisten cilik deh hari ini.

Giliran kakak Khanza pulang, mulai deh perang dunia 🙈. Saya lupa alasannya, tiba2 sudah terdengar tangisan berjamaah dari dua kakak ini. Berakibat adek bayinya kebangun dan ikut 'konser' juga
"Kakaaak..Kakaaak...Halooo...haloo Assallamualaikum" sapa saya ditengah keriuhan suasana.
Tidak mempan.
Ugh...Tarik nafass...Hembuskan...
"Audzubillaaah himinnas syaitoonirrodziim" ucap saya lagi.
Mulai deh kakak besar protess masih sambil nangis
"Mamaaaa...Aku gak mau mama bilang gitu"
Saya mulai membacakan Al Fatihah dan beberapa Surat pendek, sekedar untuk menenangkan suasana (hati). Sambil mengatakan
"Kalau sudah berantemnya baru boleh keatas tempat tidur sama mama"

Lama kelamaan mereka diam, Zalfa yang mulai mendekati kakaknya. Menyodorkan tangan
"Aakk..Japa minta maaf"
Ahh si kakak kecil ini, memang begitu mudah mengekspresikan emosinya.
Kakaknya walau masih cemberut, menerima uluran tangan adiknya.
"Mamaaa...Udah baikan nih kita, boleh keatas??" Tanya kakak Khanza.
"Boleeh doong"

Setelah suasana tenang dan mereka main dengan baik, saya melontarkan pujian buat keduanya
"Mama senaaang banget ngeliat kakak Khanza sama kakak Zalfa mainnya akur kayak gini. Makasih ya..akur terus ya, anak2 mama"

Fiuuh...masih banyak kekurangan memang, karena emak kalian ini masih belajar cara berkomunikasi yang produktif buat menghadapi kalian semua. Semoga teori komprodnya tetap bisa dipraktekkan dalam keadaan apapun. Semoga bisa jadi lebih baik buat kalian ya, nak kanak. *Cium satu2.

#hari7
#gamelevel1
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif

#kuliahbunsayiip
.

0 comments:

Post a Comment