Recent Posts

Wednesday 29 November 2017

[Bunda Sayang][Level 2] Melatih Kemandirian : Prolog

Kemandirian, hal yang ketika diajarkan membutuhkan konsistensi, pembiasaan dan ketega(san) tidak hanya dari orangtua tapi juga orang sekitar agar anak punya ketrampilan kemandirian.

Berapa banyak orang yang ketika sudah beranjak dewasa self skill nya untuk hal mendasar saja masih kurang karena ketika kecil tidak diberi kesempatan melatih skill nya.

Saya contohnya, seingat saya ada masa ketika saya SD, karena belum ada yang bantuin, saya  bagian ke pasar dan masak sepulang sekolah, setidaknya goreng ikan, tahu tempe dan menumis sayur dengan bumbu yang disediakan ibu.

Setelahnya, ketika ada yang bantuin, saya malah dilarang ke dapur dengan alasan "ngrusuhi". Karenanya skill perdapuran saya hanya berputar disekitar goreng dan tumis. Hiks.

Target game level 2 ini masih dengan object yang sama yaitu Khanza. Di usianya yang 6 tahun ini, alhamdulillah beberapa hal sudah bisa dilepas mengerjakan sesuatu. Mandi sendiri, istinjak, menyiapkan buku sekolah, memakai baju.

Hanya soal makan ini yang masih jadi sorotan saya. Karena dulu ada si bibi yang ngurusin Khanza dan sekarang posisi kami tinggal bersama orangtua saya dimana Utinya selalu mengambilkan makanan untuk anak2.

Dan Uti seringnya menyuapi mereka terutama pagi hari dengan alasan "Kasian gak masuk makanannya kalau tidak disuapi, dia mau sekolah, butuh asupan gizi" dan malamnya Khanza minta bermanja2 dengan papanya dengan minta disuapi. Akhirnya saya perhatikan, kalau siang dia lebih memilih tidak mau makan, karena saya menolak menyuapinya dan dia tidak mau makan sendiri tapi Utinya tidak mau menyuapinya juga (karena bukan jam sekolah) pun  tidak ada papanya (karena belum pulang).

Saya sadar terkadang mungkin dia butuh perhatian ketika meminta saya suapi. Terutama ketika Zalfa (3t) juga minta disuapi. Mungkin dia iri kenapa adiknya disuapi dia tidak, meski saya sudah jelaskan bahwa saat Khanza seumuran Zalfa juga masih saya suapi. Bahkan Zalfa lebih sering minta makan sendiri daripada disuapi.

Jadi...Zalfa juga saya masukkan sebagai Object  tambahan di game level 2 ini. Sebagai pendamping kakaknya.

Target kemandirian yang ingin saya latih untuk Khanza
1. Mengambil dan bisa makan sendiri.
2. Mencuci piring sendiri.
3. Berani mengoreng lauk sendiri.
4. Menyetrika seragam sekolahnya.
5. Mencuci baju dalamnya sendiri.

Untuk Zalfa, dengan umurnya 3 tahun ini, self skill nya lebih banyak ketimbang Khanza di umur yang sama. Seperti pakai baju sendiri, makan sendiri (kadang), buat bubur susu/oatmeal sendiri.

Target kemandirian yang ingin saya latih untuk Zalfa.
1. Makan sendiri
2. BAK sendiri
3. Mandi Sendiri

Bismillaah...Mulai besok..semoga salah satu atau 2 skill bisa terealisasikan. Amiin.



0 comments:

Post a Comment