Recent Posts

Wednesday 22 November 2017

[Aliran Rasa][Materi 1] Games Bunda Sayang : Komunikasi Produktif


Sejak Khanza punya adik, saya merasa komunikasi saya dengan Khanza tidak sehat. Saya yang terlalu sibuk dan fokus ke adik2nya seringnya berkomunikasi dengan cara yang 'melukai'. Membuat Khanza maupun saya sama2 tidak nyaman.

Karenanya saya bahagia sekali ketika Materi pertama Bunda Sayang tentang Komunikasi Produktif. Langsung saya memilih Khanza sebagai partner utama saya.

Saya belajar betapa banyak kesalahan yang saya lakukan selama berkomunikasi terutama dengan Khanza.

Saya belajar menahan emosi dan menyampaikan keinginan saya dengan nada bicara dan ekspresi wajah yang tenang, senyum kalau mampu, tanpa keluar ekspresi emosi atau galak.

Karena ternyata dalam berkomunikasi, kata2 hanya berdampak 7% saja sisanya 38% intonasi suara dan 55% nya bahasa tubuh.

Betapa sering selisih paham yang muncul karena saya menyampaikannya dengan penuh emosi. Pesan tak sampai, malah tambah emosi. Khanza sedih, saya merasa bersalah.

10 hari menjalani games ini membuat saya berlatih menahan diri, mencari cara berkomunikasi yang efektif dan produktif terutama dengan putri sulung saya ini. Karena anak, tak pernah salah mengcopy perilaku orangtuanya. Dan bila saya tak suka dengan cara berkomunikasi Khanza, maka saya yang harus merubah cara saya berkomunikasi dengannya.

Semoga saya selalu bisa menerapkan Materi KomProd setiap hari. Bismillaah...Demi menjadi Ibu yang lebih baik


#aliranrasa
#gamelevel1
#kuliahbunsayIIP
#komunikasiproduktif

0 comments:

Post a Comment