Recent Posts

Monday, 26 December 2011

Celoteh anak

Situasi -> Pagi hari ketika akan berangkat kerja.

Saya : Dadaah..Khanzaaa mama papa berangkat dulu yaa..
*kiss bye k Khanza.
Atha (anak tetangga, 4y).
Atha : Lho koq dua-duanya kerja??
(Her mom is a home business mother).
Si mas : *asal nyahut.
Iyaahh...biar bisa beli mobil buat dede Khanza
*lirik Khanza.
iya kan sayanggg??
Khanza : *cueek..sambil ngemut-ngemut seledang gendongan dia. :p.
Ag : Aaahh..mamaku gak kerja juga bisa beli mobil sama rumah. kedua yang harganya 3x lipat harga rumah kita -_-" .

Trus dia ngelonyor pergi..meninggalkan si mas bengong tanpa bisa membalas dan saya yang ngikik kenceng.
Wkwkwkwk.

Read More..

Thursday, 22 December 2011

Selamat Hari Ibu

Buat semua ibu diseluruh dunia. Ibu asuh, ibu kandung, ibu angkat, ibu yang melahirkan normal, yang melahirkan caesar, yang ngasih asi, yang ngasih sufor, yang FTM, yang WM. yang single mother..semuanya deh...

Selamat Hari Ibu ^^.

Semoga para Ibu selalu bisa menjadi ibu yang terbaik bagi anak-anaknya. Amiiin.

*newbie dalam hal peribuan dan sudah merasa ingin menjura pada semua ibu2 diseluruh dunia..terutama ibu tercinta diujung sana. Hiks. Betapa diriku sudah dan masih amat sangat merepotkannya.

Luv U full Mommy Read More..

Monday, 19 December 2011

MPASI 7 Bulan

Alhamdulillah..MPASI 7 bulan sudah terlewati ;). Variasi makanan di 7 bulan ini tidak terlalu beragam. Masih kombinasi dari bahan2 di MPASI 6 bulan ditambah beberapa item baru :D.

Daftar Makanan yang diberikan selama MPASI 7 Bulan
--------------------------------------------------
Serelia : Kentang, Roti tawar putih, bubur tim.
Hasilnya :
Bubur tim : Sepertinya bubur tim ini makanan sehari2 Khanza deh. Dia doyan-doyan saja :D
Kentang : Karbohidrat yang dikasih klo lagi mo buat kaldu :p.
Roti tawar putih : dikasih pas dia renang untuk pertama kalinya *next posting cerita ini aaah ^^.

Sayur : Masih seputar sayur waktu MPASI 6 bulan + Zuchini, Tomat, Labu parang, Kacang panjang, bayem hijau.
Hasilnya :
Zuchini : Karna waktu ngasihnya dengan sistem blender biasa aja, dia gak gitu suka.

Tomat, diblender dan disaring buat campuran bubur. Dimakan2 aja :D.

Terong, bulan ini iseng aku kasih lagi. Dia doyan2 aja. Hahahah. Mamanya aja nih yang mesti nahan2 diri buat gak ngeliat terong dari penampilannya aja :p.

Labu parang, kacang panjang dan bayem hijau dijadikan sayur campuran buat bubur tim hasil slow cooker. Doyaaan2 aja tuh ^^.

Sejak ada slow cooker itu, sayur yang paling sering dikasih ke Khanza tuh si wortel itu. Paling okeh soalnya dibuat campuran karna bisa langsung dimasukin dari awal. :p.

Brokoli masih suka dikasiin, buat finger food. Klo dia lagi nangis trus dikasih brokoli kukus..langsung diem deh. Sibuk ngunyah anaknya. Xixixi. Udah gak d blender lagi tuh brokolinya :p.

Buah : Masih buah yang kemaren2 itu plus Mangga dan Jeruk.
Hasilnya :
Pisang tuh buah yang paling sering dikasiin ke Khanza, dan dia doyaaan buanget. Klo disuapin n qta bilang pisangnya dah habis. Dia langsung nangis...minta lagi :p. Untung pisang lumayan sering jadi menu buah di kantin...jadi bisa minta lebih buat d bawa pulang. Wkwkwkkw. #makirit.

Jeruk awalnya sih karna diriku maem jeruk yang agak kecut gitu, trus Khanza langsung ngerebut aja jeruknya. Dimasukin mulut. Matanya kedap kedip..tapi teteeep aja diterusin.

Mangga sebenarnya waktu awal2 MPASI dulu sempat dikasih..tapi mungkin karna agak kecut waktu itu dia sempet p*p lebih dari sekali sehari. Khawatir dia diare sih. Sekarang karna mangganya manis jadi berani ngasih lagi. Dia suka ^^.

Di bulan ini, Khanza mulai aku kasih protein juga.
Karna buat beberapa bayi protein ini kadang memicu alergi jadi aku strict sama peraturan 4 hari itu..apalagi pas ngasih kuning telur.

Protein : Tempe, Tahu, daging ayam, daging sapi, ceker ayam, dan kuning telur.
Hasilnya :
Tempe dan tahu : dikukus trus d blender..jadiin bubur. Alhamdulillah mau2 aja dia.

Kuning telur : dia suka tuh...lahap makannya dikasih itu. Enak kali ya.. orang gede aja suka koq ;D. tapi sempet berhenti pas hari kedua badannya sempet merah2. Cuma masih bingung itu merah2 alergi ato cuma biang keringat biasa aja. Untuk amannya
diberhentiin dulu. Karena penasaran, 2 minggu kemudian nyoba dikasih lagi. dan hasilnya baik2 saja, alhamdulillah ;).

Nah..karna ada slow cooker ini...saya juga mulai ngasih daging2an ke Khanza. Selain untuk ngambil kaldunya. daging yang dimasak di SC ini juga empuuk banget hasilnya. Tinggal diiris kecil2 aja udah bisa dimakan deh. Ceker ayam juga karna emang udah empuk banget jadinya tinggal d pisahin aja sama tulangnya. Enak deh aromanya. Khas ceker gitu =P.

Khanza pertama kali dikasih makanan yang ada kaldu / dagingnya doyaaan baangeet. Beda deh sama reaksi dia sama pas makan makanan kukus+blender+tanpa rasa itu :p. Gurih kaldunya kerasa kali ya.

Sejak 7 1/2 bulan, makanannya Khanza udah gak diblender lagi. Yaa sejak ada si SC ini lha lebih tepatnya.
*eh ini koq bahas SC mulu sih. WKwkwkwkkw.
Tapi emang membantu banget lhoo si SC iniihhh #racun belanja :p.

Kadang juga saya stok kaldu di freezer buat dipake sehari2nya. Jadi gak tiap hari dikasih daging mulu. *mama papanya aja jarang makan daging =)). Paling cuma 2-3 hari dalam seminggu, sisanya ya kaldunya doang :D. Tepung gasol juga kepakenya cuma pas MPASI 6 bulan doang.

Oia Khanza kadang aku kasih biskuit bayi buat finger food juga. Bisa tuh dia megang n ngabisin tuh biskuit sendiri. Tapi emang agak messy dikit sih jadinya ^^. Gpp lha. Buat melatih motorik dia.

Nah..itu lha laporan dari MPASI 7 bulan Khanza.
Siaap menyambut MPASI 8 bulan. Osshh..semangaat.
Mesti kreatif memvariasikan menu makan nih buat si tuan putri.=D.
Gak boleh terlena begitu saja dengan SC. Any idea? Buat variasi menu makan MPASI?? ;)

Read More..

Friday, 16 December 2011

Like Mother Like Daughter

90% orang yang melihat, bilang kalau Khanza mirip dengan si mas.
Masa sih? Yakiiin???


Setelah melihat foto dibawah ini, pasti anda akan berubah pikiran =P. Wkwkwk
*kayak apaan aja

Tebak Gambar...

Hayoo mana yang Khanza?
Xixixiix...


Read More..

Wednesday, 14 December 2011

Khanza Millestone

Eh, saya gak pernah nulis ya Millestone Khanza. Haik..baik lha..mulai nulis deh dikit2 buat dokumentasi ntar. ^^

Seingat saya, di umur 3m 2d pertama kalinya Khanza bisa tengkurep. Seneeng banget pas bisa liat dia akhirnya bisa tengkurep.
Trus selama mudik, pas dia 4m-an, udah mulai onggong2..maju mundurin pantat..tapi belum mulai merangkak sama sekali.

6m dah mulai duduk dan merangkak dan di 7m ini.. dia dah mulai merambat2..maunya berdiriii mulu, gak mau di tidurin telentang lagi. Udah bisa turun sendiri dari tempat tidur trus langsung keluar kamar (klo pintunya kebuka) dan ngarah...ke kamar sebelah *nyariin si bibi*, klo gak ketemu langsung kedapur. :p.

Udah bisa ngoceh2 walo gak jelas apa yang diocehin. Babbling "apaah", "pappah", "dah", "gak", "mamma", "e..makk". Udah bisa ngambek klo yg apa yang dia mau gak diturutin. Gak boleh ngemut sandal, jerit/nangis ngambek. Gak boleh jilat lantai..nangis. Gak boleh maem keset..jerit lagi. Iiih..ini anakku koq sukanya aneh2 aja ya? :p.

Pernah bis dibeliin mainan piano2an di pasar gembrong, ehh..jangankan disentuh..dilirikpun tidak. Dia malah nyari bungkus plastik sama kardusnya >_<.

Khanza juga dah bisa diajak TOSS.. klo kita udah bilang
"Deeek...tosss" *sambil ngangkat tangan.
Khanza ikutan ngangkat tangan trus ngarahin tangannya ke tangan kita. Xixixiix. Lucu banget sih kamu naak *towel-towel.

Dibulan ke-7 ini juga gigi pertamanya udah tumbuuuuh. Yaaayy ^^

Klo nangis yg dicari si bibi. Langsung diem makcep deh klo digendong si bibi. Dan sejak dia masuk RS kemaren, hanya si bibi dan si mas yang berhasil bikin dia tidur. Saya? Gak lakuu..!! langsung nangis aja dia ngliat mamanya. Sigh. Sedih nian hatiku.. T_T. Lakunya klo dia udah teler ngantuk2, baru mo nempel....buat minum. Bis itu udah deh..gak payu maneh =)).

Rutinitas pagi, Khanza bangun jam 1/2 5 kurang.. udah sibuk dia mondar mandir bangunin mama papanya... naplok2 (seringnya yg jadi korban si papa) sambil bilang
"Heiii...heiii"..
*disuruh bangun kali ya.
Klo dicuekin ato kita pura2 tidur, dia tetep berusaha naplok2. Klo dah bosen baru deh turun dari tempat tidur. Baru deh kita bangun, khawatir dia nguprek-nguprek barang aneh2.

Bis subuhan, sekitar jam 5 kurang..saya ato masnya ngajak Khanza jalan2 pagi keliling komplek. Gak jauh2...paling masuk masuk ke gang tetangga. Dan itu suasananya masih gelap gulita pagi hari gitu. Sembari yang satu(saya/masnya) ngajak jalan, satunya mandi.

Bis jalan-jalan, sekitar jam 1/2 6an baru deh nyiapin makanan buat tuan putri. Mulai 7m 2w, makanannya udah bubur tim yang dihalusin dikit, jadi udah gak kukus blender lagi. *Ntar deh laporan lebih lanjut di MPASI 7 Bulan ^^.
Ini makannya koq pagi banget sih??
Heheheh..ini karena mamanya pengen bisa nyuapin Khanza klo pagi.
*masa semua2nya sama si bibi siih. Kan diriku pengen juga :D. Pokoknya klo saya dan si mas ada dirumah, bibi libur deh megang Khanza. *kecuali klo dia lagi ngantuk :p.

Maem udah, baru deh dimandiin. Udah gak mo diem telentang lagi tuh klo disabunin. Gerak sana gerak sini, mo ambil gayung, mo ngemut botol shampo, mo nelen botol sabun. Heboh deh yang ngemandiin.

Ehh..giliran masuk ke bak mandi..anteeng beneer.. mainan air dia. Xixixi.
Nah selanjutnya ini nih ..tantangan.. Makein baju!. Byuuh...bawaan mo ngacir aja dia. Udah buru2 pengen main keluar. Pernah kejadian diriku kejar2an sama Khanza, dia cuma pake clodi doang ngrangkak cepeet buanget ke arah luar..dan aku bawa2 kaos dalemnya sambil bingung mo nangkep plus makein baju.

Nah..klo si kecil udah rapi jali harum mewangi..baru deh serah terima ke bibi dan saya ato masnya siap2 mandi dan sarapan. Fiuuuh. Rutinitas pagi yang heboh nan menyenangkan :D.

Psst per tgl 10 Dec kemaren BB Khanza udah 7.2kg ^^. Alhamdulillah. Sehat terus y sayang. Muuach
Read More..

Nursery Room

Tempat saya bekerja, alhamdulillah termasuk tempat yang breastfeeding friendly. Ada Nursery Roomnya di Klinik Kantor dengan kapasitas 4 orang. Lumayan lha. Wong yang pumping sekarang aja cuma 3 orang doang. Waktu buat karyawati indirect buat pumping juga fleksibel sekali. Alhamdulillah.

Jadi klo ke kantor tuh, bawaan saya udah kayak mo perang aja. Perlengkapan Breastfeeding saya adalah sbb :
1. Pompa ASI merk Pigeon
kado dari teman-teman kantor ;), makasiiih.
2. Cooler Bag merk Botol Kaca yang murah meriah
3. Ice Gel
4. Botol kaca Tutup Karet buat nyimpen asip
biasanya bawanya 6 botol sehari, meski sekarang paling yang keisi cuma 4-5 botol @100ml. Lumayan lha.
5. Botol minum
gak usah diterangin ya buat apaan :p
6. Gelas Jus
Ini karena si mas aku ceritain diriku suka beli jus dikoperasi. Sehari bisa 2 gelas jus. Yang harganya 5 IDR. Lumayan kan. *Belum jajan2 lainnya. Jadinya dia gatel beliin aku gelas buat diisi jus tiap hari. Xixixix.

Enaknya ruangan nursery room ini satu ruang dengan Klinik Kantor. Kecipratan ademnya AC klinik yang super duper adem. Dan satu lantai dengan Koperasi dan Perpustakaan. Jadi bisa jajan dulu ato minjem buku buat temen pumping.

Sebentar lagi, mungkin ruangan ini bakal gak muat. Mengingat banyaknya temen2 indirect yang lagi cuti hamil dan beberapa sudah melahirkan. Yak..klo mereka mo pumping juga..sepertinya bakal dibuat jadwal pumping nih..biar gak bentrok :p.
Read More..

Wednesday, 7 December 2011

Anak Kembar?

Khanza dan Bilqis (anak temen semasa kuliah)


Foto diambil ketika lebaran 31 Agustus 2011.

Lucu liat ekspresi mereka bisa samaan gitu, keik anak kembar aja ^^.
Read More..

Thursday, 1 December 2011

The Famous Slow Cooker



Ibu-ibu yang anaknya sudah mulai MPASI pasti mengenal Slow Cooker. Xixixxi. Item MPASI satu ini terkenal banget dan dibeberapa forum sudah sering dibahas cara pemakaiannya dan resep-resep 'rahasia'nya.

Mulanya sih saya tidak tertarik dengan Slow Cooker ini. Ahh..apaan sih..kan bisa dikukus ato direbus biasa aja, trus diblender. Udah deh.

Ehh..trus ditawarin teman kantor, slow cooker second punya dia yang baru dipake beberapa bulan. Alesannya sih mo ganti yang lebih besar. Dan...as usual. Ibu-ibu labil ini tergoda untuk membelinya...
"ahh..untuk anak ini...gpp lha belanja" :p.

Saya membeli yang merk Takahi ukuran 0.7L, ternyata mungiiil sekali si slow cooker ini.

Wiken kemaren saya mencoba membuat kaldu ayam dari resep si mantan pemilik sebagai berikut.

Resep Kaldu menggunakan Slow Cooker.
bahan :
- Daging ayam/sapi/ikan.
- 1 siung bawang putih, digeprek.
- 1/2 bawang bombay, iris kecil2
- 1 batang Daun bawang
- 1 batang Seledri
- 2 lembar Daun salam
- Wortel/Kentang -> untuk menjernihkan kaldu
- Air sampai 2cm dari bibir tembikar.

Cara membuat:
Masukkan bahan-bahan tersebut, dan susun di tembikar dengan urutan sbb : wortel/kentang, bawang2an, daun2an, daging, dan siram bahan2 tersebut dengan air.

Katanya waktu masaknya sekitar 5 jam. Tapi si mantan empunya biasanya dia menyalakannya jam 10 malem dan baru dimatikan jam 6 pagi. Ya sutra , jadi saya menirunya saja. Menyalakannya jam 9 malam, tinggal tidur...ntar jam 1/2 5-5 pagi, baru saya cabut.

Ps : lampu Slow Cooker merk Takahi ukuran 0.7l tidak mati, jadi jangan jadikan lampu tersebut sebagai parameter matang tidaknya masakan ;)

Klo buat Bubur Tim, bahannya sama seperti diatas tinggal ditambahan 3sdm beras saja dibawahnya.

Aromanya menggodaaa sekali..slurrpp..

dan Khanza doyaan.. lahaaap bener makannya ^^. Alhamdulillah.

Setelah saya icip..Nyummmy...rasanya emang bener enaaakk ^^. Gurih kaldunya kerasa banget. Pantesan si kecil maemnya lahap. Xixixiixi.
Read More..

Thursday, 17 November 2011

MPASI 6 Bulan

Ini judulnya MPASI 6 bulan, tapi 4 hari lagi anaknya udah "jangkep" 7 bulan. Xixixixi. :D
Gak kerasa ya boow..Khanza udah mau 7 bulan aja. Yaaay Alhamdulillah:D.

Sesuai judulnya…MPASI kemaren pa kabar?

Hohoho..Lumayaaan..udah dicobain beberapa makanan. Berbagain macam reaksi juga :D.

Dari berbagai sumber ada beberapa rule selama MPASI ini.
1. 4 Days rule
Bayi diberikan makanan yang sama selama 4 hari, untuk mengetes apakah ada reaksi alergi/sembelit terhadap makanan tersebut.
*tapi ini emaknya gak sabar pengen nyobain ini itu, jadi 4 daysnya dimapatkan jadi 2 hari aja :D.
alhamdulillah gak terjadi alergi.


2. No GULA GARAM sebelum 1 tahun
Garam akan memperberat ginjal bayi < 1 tahun yang belum sempurna perkembangannya. Dan Gula yang diperkenalkan dari awal, memicu adanya diabetes pada bayi. Naudzubillah.
*jadi rule ini tetap dijalanin. Khanza makan makanan dengan rasa asli makanan itu. Paling cuma dikombinasikan aja makanan satu dengan yang lain. Dengan catatan, makanan yang dikombinasikan udah lulus 4 days rule tadi ya :D.

3. Memperkenalkan Serelia dulu, disusul Sayur baru kemudian Buah.
Ini gak saklek sih..ada yang buah dulu, ada yang sayur dulu. Kemaren baca alesan rule ini karena buah kan rasanya lebih 'manis' daripada sayur dan serelia. Khawatirnya kalau dikasih duluan, si anak udah terlanjur 'menikmati' manisnya buah. Jadi emoh di kasih sayur ato serelia. Dan saya mengikuti aturan ini aja. *Aslinya sih waktu itu karena kiriman tepung berasnya udah dateng, dan belum sempet belanja belanja buat makanan pertama Khanza ^^.


Daftar makanan yang sudah diberikan selama MPASI 6 bulan
----------------------------------------------------------
Serelia : Tepung Beras Merah, Tepung Beras Cokelat, Havermuth, Kentang. *Tepung berasnya beli yang merk Gasol.
Hasilnya : Berhubung awal-awalnya dikasih serelia doang tanpa campuran apa2, Khanza terlihat doyan-doyan saja. Kecuali Havermuth, mungkin karena teksturnya yang emang lebih "grunjel2" (apa sih bahasa Indonesianya) dibanding tepung beras, jadi dia agak susah ngunyahnya.

Sayur : Buncis, wortel, Terong, Brokoli, Jagung Putren.
Hasilnya :

Buncis -> Khanza mengerenyit kayak orang mo nangis, dan si buncis gak dihabiskan.

Wortel -> Kembali mengerenyit..dan disembur-sembur.

Terong -> cuma dikasih sekali...bukan karena khanza alergi, tapi penampakan terong kukus yang diblender itu ternyata nggilani :p, jadi emaknya yg ogah ngasiin ke anaknya. heheh.. mungkin ntaran lagi kali ya. Pas dikasih , anaknya gak protes siih..dan habis tuh :p.

Brokoli -> Pas nyobain buat finger food, dia doyan banget. Giliran yang udah diblender..mukanya langsung aneh gitu. Tapi tetep dihabisin.

Jagung Putren -> *ini dikasih karena pas itu gak ada stok sayur lain dikulkas. Sama kayak wortel, mengerenyit dan disembur-sembur.

Buah : Pepaya, Pisang, Alpukat, Melon
Hasilnya:
Pepaya -> Doyan..lhap..lhap gitu makannya
Pisang -> selalu minta nambah
Alpukat -> Habis tak bersisa
Melon -> Doyan

Kesimpulannya, Khanza koq kayaknya lebih suka makan buah ya daripada sayur..Hmmm..Padahal sayur kan enak, nakk :D.

Psst..itu list sayur diatas, ternyata ada beberapa yang sebenernya belum boleh dikasih diawal MPASI, seperti Brokoli, Wortel dan Buncis. Karena kaya nitrat. dan bayi umur 6 bulan katanya belum bisa mengolah nitrat terlalu banyak.

Dari yang saya baca-baca, sayur yang disarankan diawal MPASI itu macamnya Kabocha, Zuchini, dll. Eh pas dibilang ke si mas, tanggepannya

"Kabocha? Zuchini? Sayur apa sih itu? Kasih yang sering kita makan aja lha..daripada ngasih yang orangtuanya belum pernah makan, Terong kek misalnya"

..Yak..karena kata-kata tuan besar tersebut lha, saya sempat memasukkan terong kedalam daftar diatas :p.

*eh tapi pas baca-baca, terong memang bisa buat menggantikan Zuchini atau Kabocha itu lho. Hahahahah.

Wokehh..anggap saja MPASI 6 bulan berhasil ^^ *maksa*.
Namanya juga masih Makanan Pendamping ASI :p.
Bismillah…pas MPASI 7 bulan, cita rasa yang bisa dikenalkan ke Khanza semakin banyak dan dia suka bin lahap makannya. Amiiin :)
Read More..

Tuesday, 15 November 2011

Akibat terlalu lama disimpan

Saya pura-pura lupa akan salah satu kewajibannya saya... memberikan sesuatu yang dititipkan pada saya kepada yang berhak.

Jadinya...

Satu tempat makan seorang teman 1(aka dina) yang dipinjam oleh teman 2 (aka pingkih), yang dititipkan kepada saya oleh teman 2 untuk diberikan kepada teman 1...dan saya lupa memberikannya tapi malah menaruhnya di meja dekat printer kantor...
dan alhasil tempat makan itu di grogoti tikus
*yaiks..anda benar..ada tikyuss di kantor saia.. eiuuh.

Harga tempat makan itu sama persis dengan yang dititipkan pada saya tapi belum saya berikan.

Dan jadinya lagii...

USB baru seorang teman(aka mb Tiar) jadi gak bisa digunakan karena entah kenapa pas saya nyolokin USB saya buat ngopy SW di server itu, USBnya yang lagi dalam proses ngopy juga memunculkan pesan-entah-apa-gak-sempat-kebaca dan setelah itu gak bisa dipake lagi.

Harga USB itu beberapa kalinya sama yang dititipkan kepada saya juga.

Hmm...ceritanya memang agak mbulet...but..lesson learned.

Segera berikan apa yang dititipkan padamu, karena kalau kelamaan disimpan. Dia akan mengambilnya dengan cara lain.
Ouchh.. *moga cuma ini aja ya Allah
Read More..

Mencari ART? Bagai Mencari Jodoh

Mencari pengasuh bayi yang pas di hati tuh bagi saya seperti nyari jodoh. Cocok-cocokan.

Giliran kitanya cocok, eh si bibi gak cocok. Giliran si bibi ngrasa betah..eh kitanya ngrasa adaa aja kerjanya yang gak bener =P.

Daerah perumahan saya, mayoritas dihuni oleh para keluarga muda..paling anaknya baru 2-3 tahun lha maksimal. Jarang yang lebih besar dari itu.

Tak jarang, mereka adalah pasangan bekerja dengan 1 atau 2 anak. Gak mungkin dong, anak2nya ditinggal sendiri dirumah tanpa ada yang jagain. Atau ART lha buat bantu2 ngerjain kerjaan rumah.

Denger curhatan sana sini banyak sekali tetangga atau temen2 kantor yang cerita ARTnya seru sekali.

Tetangga depan rumah misalnya, sudah 3 kali ganti ART. satu karena merasa gajinya kurang gede, satu karena gak bisa ngurus anak dan cuma bertahan 2 hari doang, yang terakhir parah...sering nyubitin si anak (10bulan), klo nangis pernah dibekep kain biar diem *naudzubillah, dan pernah ketangkep basah ngasih obat batuk ke anak biar bisa tidur. Aahh..kasian.

Ada juga yang dapat anak umur belasan tahun, padahal tugas utamanya sebagai pengasuh bayi. Ahh..agak kurang sreg deh nitipin anak ke orang yang belum pernah ngasuh bayi.

Ayah ibu saya juga pernah cerita, dulu sebelum dapet ART yang sreg dihati...udah berulang kali mereka ganti orang. Ada yang pas ditinggal kerja, eh dia malah ngundang sodara2nya buat makan2 dirumah n pulangnya dikasih beras. Ada yang pas ditinggal kerja, isi lemari abis bersih tak bersisa. Ada yang kami, anak2nya gak dikasih makan. Seru klo denger ceritanya.

Lucunya, yang tahan lama bekerja di rumah..malah yang paling galak...sama ibu saya! :D. Tiap kali ibu ngomelin anak-anaknya...eh ibu saya balik diomelin sama si 'mbak' itu. Malah pernah dia mogok masak dan bersih2 rumah hanya karna ibu ngomel2 ke kakak saya yang tidak mengerjakan PR :D.

Ahh..aya-aya wae yaa ;D. Berhubung si mbak itu kerjanya paling bener, orangnya jujur dan sayang sama kami...jadi ibu saya lebih memilih mengalah. Yahh..katanya ketimbang pusing nyari orang lagi :D

Kami? Alhamdulillah...so far bibi ini baik, kerjanya rajin dan alhamdulillah bisa bantu jagain Khanza. Semogaa dibelakang kami juga sebaik dan serajin itu. Mogaaa dia betahhh. Amiiinn.
Read More..

Friday, 21 October 2011

Masuk Rumah Sakit

Orangtua mana yang tidak sedih bila anaknya sakit. Kalau bisa memilih..mending diri sendiri deh yang sakit daripada makhluk mungil yang dititipkan Allah pada kita. Iya kan?
Baru-baru ini, kami diberi 'kesempatan' oleh Allah untuk mengingat kembali betapa kasih sayang orangtua itu tiada tara.

-----------------------------

13 Oktober 2011
Kamis sore badan Khanza agak anget, tapi tidak gitu rewel. Pu*nya ijo, mungkin karena 2 hari kemaren saya makan jus pare buat booster asip ya.

14 Oktober 2011
Jumat paginya ini masih terasa anget.. saya dan mas tetap ngantor seperti biasa sambil memantau dari kantor.

15 Oktober 2011
Seharian cerah ceria dia...becandaan mulu sama saya :). Seneng denger dia ketawa ketiwi ngakak gitu. Anak kami sudah besar..bentar lagi sudah 6 bulan :).
Sabtu malamnya ini demam lumayan tinggi, sampe tembus 38,6

16 Oktober 2011
Minggu pagi ke Poli anak, Khanza demam sampe 39.1. Kata dokter kena radang, dikasih obat penurun panas yang lewat anus plus tempra dan antibiotik. Senyumnya udah jarang-jarang. Rewel mulu. Untungnya minumnya masih kenceng.
Semalaman reweeel teruus gak bisa tidur.

17 Oktober 2011
Jam 1 dini hari kebangun karena Khanza nangis n ternyata demamnya tinggi, sampe 39.7!. Si mas inisiatif langsung dibawa ke UGD.
Di UGD di ukur lagi suhunya lewat telinga tembus 40.4 >_<.
Dokter jaga menawarkan untuk di rawat, karena panasnya udah tinggi banget n dikasih obat penurun panas yg dari anus pun gak mempan.
Di UGD ini dicoba pasang infus sampe 3 kali. gak bisa masuk.
Pembuluh darahnya tipis katanya. Huee...mewek2 ngliat anak sekecil itu di tusuk2.

Setelah dapat kamar, dicoba lagi untuk pasang infus. 2x tetep gagal.
Dan saya hanya bisa menunggu diluar ruangan sambil mewek2.
Gak kuat nunggu didalam.

Agak lama...mas keluar dengan tampang sebel..
Khanza tetap belum berhasil diinfus. Duh Gustiii... :(.

Pas dokter visit, dia menerangkan tentang hasil labnya. Kadar leukosit dan CRP khanza diatas normal. Tandanya itu badannya lagi melawan virus yang lagi menyerang.

Bayi, perempuan khususnya, rentan terkena infeksi virus. Bisa lewat saluran pernafasan, oral, ataupun saluran kencing.

Makanya Khanza pun harus cek urine. Dan kata si dokter lagi, jalan satu2nya untuk memasukkan antibiotiknya ya lewat infus..agar bekerja lebih cepat.

Dan yakk..sekali lagi Khanza dicoba untuk diinfus. Alhamdulillah berhasil *sujud syukur.

Legaaa banget.. meski si kecil tetap nangis ngejer2. Hasil urine menunjukkan hasil yang bagus. Berarti virus datang tidak melalui saluran kencing. Mungkin udara, atau oral.
si mungil yang terbaring tak berdaya--------------------------
Kami di RS sampe hari Rabu, 19 Oktober. Sepanjang malam, Khanza harus kami gendong..karena setiap kali ditaruh d tempat tidur ia menangis.
Tiap kali diganti popoknya, nangis. Ngliat suster, nangis. Diukur suhu, nangis, Ngliat saya, nangis T_T. Hiks..kasiaan ngliatnya.
Nempelnya ke bapaaaknyaa mulu. Ke saya cuma pas haus doang..klo udah kenyang...nangis lagi deh..minta balik d gendong bapaknya. >_<.

Alhamdulillah sekarang kondisinya sudah baikan..sakit kayak gitu sekali aja y sayaang...sehat teruus ya bis gini.

Eia btw ...hari ini pas usia Khanza 6 bulan lhoo.. alhamdulillahh... :)
Read More..

Wednesday, 12 October 2011

When She Calling Her Mommy

Semalam bibi cerita
Bibi : Mbak...tadi siang Khanza nangisnya udah nyariin mamanya lho.
Saya : Maksudnya?
Bibi : Iya..dia nangisnya sambil ngomong
"Mamaaaaaaaa...maaamaaa"

Hueee..tangisan pertama anak saya yang memanggil mamanya dan saya gak denger. Huee..

*eh btw ini bener manggil mamanya kan ya?..
bukan manggil mama ke bibi kan?? iya kan??
ahh..iya aja deh =P.


**luv u, sweetheart :-* Read More..

Monday, 10 October 2011

Like Father Like Daughter

Saya klo tidur anteeeng sekali..paling cuma mangap2 dikiit =P. Kalaupun berubah posisi, tidak jauh2 dari telentang ato miring, di tempat yang sama seperti sediakala. Sedangkan si mas? Kebalikan dari saya. Tidurnya mingkem..tapi bermanuver kemana-mana.

Khanza? Hmm..dia mendapat yang 'bagus-bagus' dari kami.
Mangap dan manuver kemana-mana. ^^'

Jadi klo pertama kepala ngadep dinding. Bisa-bisa bangunnya badan udah berputar 180 derajat. Plus kaki dan tangan kemana-mana. *saya sering heran..ni semua bayi tulangnya masih elastis banget ya. Posisinya bisa mlungker2 gitu deh klo tidur.
**iih apa sih bahasa indonesinya mlungker2? :p.


Nah..dengan 2 orang yang gaya tidurnya sama..saya mesti sering mengawasi. Soalnya, seringkali si mas ini lupa klo ada bayi di sebelahnya.
Sering saya terbangun dan melihat tangan si mas sudah dibadan Khanza.
Atau yang lebih parah....kaki si mas di kepala Khanza!!.
Duh Gusti..gimana saya bisa tenang tidurnya -_-".
Mana Khanza mepet2 mulu bawaannya ke papanya.

Bahkan waktu masih newborn banget, si mas lebih milih ngungsi ke ruang tamu daripada 'membahayakan ' nyawa Khanza dengan gaya tidurnya =)). Bayangkan saja, bahkan tudung tidurnya Khanza sempet keangkat pas si mas lagi mulet2 dan tangannya hampir memukul Khanza yang saat itu masih berusia belum genap sebulan =D.
Untung saya terbangun -_-".

"Nakk...deket2 mama aja sinii.. lebih aman klo deket mama =P".

Tapi lucu banget ngliat gaya tidur mereka yang seringnya sama..



Meski menghabiskan banyak ruang di tempat tidur -_-".
*sambil dorong2 kaki si mas dan mindahin Khanza ke posisi yang bener
Read More..

Friday, 7 October 2011

Kembalinya si empu blog XD

ehhh...udah berapa lama yaa blog ini gak pernah disambangi...
*bersih-bersih sarang laba-laba

Yak..saya sudah mulai kerja kembali..sejak..hmm..beberapa bulan lalu. Tapi koq ya gak kepikiran ya buat update blog :p. Kayaknya waktu pertama masuk itu, rieweuh buanget..waktu kayaknya kuraaang aja.

Dateng ke kantor, mompa, kerja, pas istirahat pagi mompa lagi, kerja lagi, istirahat siang, makan, mompa lagi, kerja , istirahat sore, mompa lagi. Gyaaa.. isinya koq kerja sama mompa mulu.

Padahal dulu kayaknya masih sempet deh ngikutin tipi series ato update pilem2 terbaru di server. Lha ini waktu awal2 yang diliat cuma kerjaan sama ruang menyusui mulu. Gak kepikiran blas buat update blog. Jam kerja kelar, langsung maen sama Khanza.

Eia saya baru ngeh lho klo dikantor saya punya nursery room alias ruang menyusui..xixixixi. Padahal pas cuti itu sempet bingung
"aduuh..ini mompa dimana ya...masa di toilet kantor sih? ogah ah..jorok banget"
trus sempet kepikiran
"apa minjem ruang disc aja ya" :p
ehh untungnya salah satu rekan kerja yang juga menyusui (2 bulan lagi lulus asi ekslusif 2 tahun lho btw) bilang
"wah..nursery room qta bakalan rame nih"
saya langsung sadar
"hooo...kantor saya punya nursery room ternyata... Alhamdulillah" ;).

Khanza sudah bisa ngapain aja?
Yahh..anak saya yang lucu dan menggemaskan seperti ibunya itu tgl 21 bulan ini berumur 6 bulan. Horeee..alhamdulillah...akhirnya lulus juga asix 6 bulan. Hosh..hosh.. *pengen nulis tentang asix ini ah kapan2...
kapan-kapaaannn.... klo inget .

Dia sudah bisa tengkurap sejak usia 3 bulan 2 hari, sekarang sudah bisa merayap dan merangkak pelan-pelan. Sering senyum klo diajak ngomong. Dulu sih senyum dan ketawanya cuma buat si mas sama si bibi *sigh*.. sekarang saya sudah kecipratan. Seneeng bangeet klo ngliat dia senyum. Jadi pengen gigit *lho?
Ngoceh-ngoceh gak jelas klo ngantuk.

Alhamdulillah Khanza bukan tipe anak yang rewel, jarang nangis. cuma sampe sekarang masih suka aja ngajakin emak babenya ngeronda tiap malem =P.

Ahh..pengen nulis tentang penyimpanan asi, cerita tentang si bibi, tentang ini , tentang itu.. tapiiii kayaknya nantiii dulu saja klo sempet dan ingat =D.

Untuk sementara...ini saya suguhkan kelucuan dan keimutan anak saya *ibu-ibu sombong =D. Ciaaooo






Read More..

Friday, 6 May 2011

Behind The Scene

Zafira memang lahir hari Kamis, 21 April 2011, tepat hari Kartini. Namun sebenarnya tanda-tanda kemunculannya sudah ada sejak semingu sebelumnya, tepatnya Sabtu, 16 April.


Sabtu dini hari, saya mengalami flek. Pendarahan gitu. Panik dong pastinya. Pagi2 langsung ngluncur ke RS.Siloam deket rumah. Pas di cek, eh udah pembukaan 1 aja. Padahal gak kerasa mules sama sekali. Sama dokter disuruh pulang dulu aja, banyak jalan dan menunggu datangnya kontraksi yang teratur.

Mulai deh deg2an terus tiap hari, kapaan ni kontraksi dateng. Hari Rabu, 20 April baru deh mulai kerasa nyut2an, tapi belum teratur datengnya.
Awalnya saya masih nolak pas d ajak k RS oleh si mas, tapi ketika saya sudah muntah untuk kedua kalinya hari itu padahal tidak diisi makanan, saya tidak bisa mengelak lagi. Habis maghrib langsung k RS.

Di RS, sudah masuk pembukaan 3. Sampai besok paginya, pembukaan cuma nambah jadi 4. Dokter memutuskan untuk d induksi.
*ladies, jgn mau d induksi, gak enak -_-.
Sampe malem d cek pembukaan nambah jd 6, ketuban udah pecah dari siang tadi.

Akhirnya malam sekitar jam 1/2 8 d putuskan untuk operasi saja, kemungkinan posisi kepala bayi menengadah hingga tdk masuk jalan lahir.

Hufh, begitu lha. Cerita persalinan tiap orang beda-beda. Ada yang cepat ada yang lama. Bahkan ada seorang teman yang sudah pakai acara kepala bayi di vacuum tapi akhirnya operasi juga...*ouch.
Ada juga yang jam 1/2 9 mules2, 1/2 12 ke RS eh udah pembukaan 8. Jam 1 udah lahir.
*iya Lala, dirimu yang aq maksud :D.

Bagaimanapun cara kelahirannya, i'm a mom now. Hohoho. Alhamdulillah.
Semoga kehadiran Zafira bisa menjadikan kami lebih baik lagi sebagai seorang manusia. Amin.
Read More..

Tuesday, 3 May 2011

Putri Kecil


Alhamdulillah, akhirnya nongol juga makhluk mungil yg satu ini... :p.

Makhluk yg selama hampir 9 bulan merasakan kehangatan dalam lemak perut saya.

Yang sering nendang2 klo laper ato d dangdutin ma bpknya =D.

Kenalkan,
Khanza Zafira Widodo Putri.
Lahir tepat tanggal 21 April 2011, pukul 20.54 dengan berat 3,09 kg dan panjang 48 cm melalui operasi caesar.

Khanza diambil dari nama salah satu sahabiyah rasul, Al Khanza binti Amru. Yg amat terkenal karena kepiawaiannya bersyair, terutama tentang perjuangan. Ia adalah wanita tangguh yang berbudi luhur, ibu dari para syuhada.
Ada juga yang mengartikan KHANZA sebagai pejuang wanita. Wallahulam.

Zafira artinya kemenangan atau keberuntungan.

Jadi bisa dibilang namanya berarti pejuang wanita yang membawa kemenangan, putri dari keluarga Widodo. Amiin.

Mohon doanya semoga Zafira menjadi anak sholehah yg membawa berkah buat keluarga. Amiin.

*hufh lega rasanya udah ngupdate sekilas tentang si kecil, cerita tentang persalinan mungkin akan ditulis kapan2. He3. CU

Read More..

Sunday, 20 March 2011

I'm Still Alive ;)

Yeah..i'm still alive..

Masih menikmati 'liburan' di rumah *super thanks to Dina atas pinjaman rampokan buku dan film seri yang amat sangat menolong rasa kesepian saya dirumah =).

Apa kabar kantor ya? Ada pilem barukah di server? Ada gosip baru apalagi niih??
Denger2 tetangga kubikel saya dan mantan teman sekostn saya akan segera menikah =P *xixixixix..akhirnyaa :D. congratz yak

Aahh...miss u all guys

Read More..

Thursday, 10 March 2011

Hemat Air

Pernah merasakan dirumah tidak ada air yang mengalir setetes pun? Tidak hanya sejam dua jam, tapi sampai seminggu full? 7 x 24 jam?

saya pernah. Duluuu banget, pas masih d Surabaya. Rumah yang berdiri sejak tahun 70an. Kenapa saya tahu? Karena saya sempat melihat coretan tahun yang di tulis di salah satu kayu plafon rumah. Tak heran 'onderdil'nya pun mungkin sudah waktunya ganti. Salah satunya pipa air di rumah. Byuuuh...seriing banget 'ngambek' dan jadinya airnya ngadat..gak ngalir walo hanya setetes pun. Sigh. Seminggu itu waktu paling lama dia ngambek.

Waktu itu pipa air di rumah rusak. Jadi sepanjang kampung itu cuma rumah saya seorang yang airnya gak jalan. Huhuhuhu.

Mo menunaikan hajat selalu harus minta air di masjid depan rumah. Jangankan kuliah dengan dandanan yang cantik. Saya harus datang pagi-pagi ke kampus dan nyelinap di salah satu toilet kampus tuk numpang mandi. Bis itu ngikutin kuliah dengan tampang polos yang udah di poles bedak n semerbak parfum nyong-nyong. Bawaan ke kampus tak lagi hanya buku catetan tapi juga perlengkapan mandi. Hohohoho.

Itu kalo jam kerja/sekolah/kuliah...karena enaknya seisi rumah bisa ngungsi ke tujuan masing-masing n mandi di tempat. Nah..klo libur? Masa mesti ke kampus/tempat kerja cuma buat mandi ato mo numpang ke toilet? Hohoho..tidak mungkiiin kan?.

Saya dan kakak-kakak terkadang ngaburnya ke rumah sakit di dekat rumah...ato kampus terdekat dari rumah untuk numpang mandi dan keramas (nikmatnyaa klo bisa keramas gituu)..trus ngabur ke mall terdekat...bisa seharian niih ngedon di mall klo lagi libur gitu. Biar gampang klo lagi mo ke toilet. Heheheheh..

Saya tahu betapa susah, gak enak dan menderitanya kalo gak ada air di rumah. Bayangkan malam-malam anda pengen ke toilet..buat ehemm...pup misalnya. tapi gak ada air..Huhuhuhu.. Apa gak pengen nangis aja tuh??.

Karena saya tahu itu lha..saya jadi sebel banget sama orang-orang yang membuang-buang air seenaknya aja. Cuci muka, sikat gigi di wastafel tapi air masih ngalir, nyalain keran tapi dianya gak langsung pakai tapi malah ngobrol ngalor ngidul sama temannya. Arghhh..plisss dehhh. Emang air gratiss apa?? Mahall tauukk!! Apalagi air bersih yang jernih. Pliss..jangan di sia-siakan gitu aja. Kasian sodara-sodara kita yang daerahnya kekurangan air, kasian mereka-mereka yang gak bisa menikmati air bersih dan rela pakai air yang gak sesuai standart kesehatan saking butuhnya.

Hemaat air yaa...gunakan seperlunya.

*postingan karna miris lihat mereka-mereka yang menyia-nyiakan air seenaknya. T_T

gambar diambil dari sini

Read More..

Tuesday, 8 March 2011

Pagar Rumah

Yaakkk..dari desain pagar yang pernah dibahas ini, akhirnya terpilih juga desain pagar yang sreg di kantong hati kami.

Besi-besi yang nangkring d atas dihilangkan, karena ternyata mahal =P.
Dan si mas request warnanya hijau. Huhuhuhu..
*selamat tinggal warna tanah (baca : cokelat) yang kuimpikan.

Tapi saya puas dengan hasilnya. Xixixixi..

tolong abaikan segala macam 'kerapian' yang ada di depan rumah =P

Pagar
(Checked).

Next project : Taman Depan.

Hmm..mengingat saya dan tanaman tidak begitu baik hubungannya
*terbukti dengan nasib 5 kaktus yang dengan suksesnya layu dan mengering di tangan saya ketika d titipkan oleh mas semasa pacaran. dan korban-korban lain yang tak patut tuk d sebutkan *

Sepertinya PIC Next Project ini lebih baik si mas saja =D.
Read More..

Monday, 7 March 2011

Rencana Selama Cuti

Seminggu sebelum cuti hamil resmi saya. Wuhuuu...

Di rumah ntar ngapain aja yaa.
Pengen ngabur ke toko buku ato mall terdekat (bukan di Cikarang pastinya), tapi keiknya bakal di pelototin sama si mas =P.

1.5 bulan setelah lahiran pasti bakal sibuk ngurusin si dedek. Jadi daftar berikut ini anggap saja buat sebelum lahiran.

Ide menghabiskan waktu cuti dirumah.
1. Praktek resep2 masakan yg udah dari dulu kekumpul tapi belum d praktekkan dengan alesan gak sempet =P.
2. Beres-beres plus menata rumah.
klo kata si mas sih, item yg ini gak bakalan abis d kerjain. Tiap hari pasti ada ajaaa yang bisa d beresin ato d tata. -_-"
3. Pinjem ato ngopy pilem dari temen ato server
*lirik dina, mba tiar, mba titiek.. Pinjaaam koleksinyaaa
4. Sewa komik, beli buku. Bacaan apapun deh.
5. Berburu perlengkapan bayi
Belum beli apapun blass.. Eh kecuali 2 clodi pempem yg waktu itu.
6. Senam hamil.
7. Ikut kelas Laktasi
8. Jalan kaki minimal 1/2 jam tiap hari.
9. Cari nama bayi..


Hmm...trus apaan lagi ya.. any idea??

gambar d ambil dari sini
Read More..

Thursday, 3 March 2011

Bukan Kewajiban Istri, Koq ;)

"Aku sih klo nyari istri ya harus bisa masak sama ngurus rumah lha. Masa suami udah capek-capek kerja, istri masak aja gak mau?"


"Iihh..cewek koq gak bisa masak sih? Aku sih ogah sama cewek gak bisa masak"

Ups..sounds familiar? Yap...itu sebagian besar perkataan para lelaki di luar sana yang sering terdengar tentang calon istri 'idamannya'.

Sepertinya sudah menjadi syarat mutlak bila seorang perempuan itu harus bisa memasak dan melakukan pekerjaan rumah tangga.

Saya mendapat artikel menarik tentang pandangan tersebut ;).
Spoiler, artikel ini akan agak panjang sedikit :D.

Istri Bukan Pembantu
Rabu, 29 Oktober 2008 11:12

Pertanyaan

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Ustadz yg dirahmati Allah,

Saya adalah seorang ibu yg pernah mengikuti tausiyah Ustadz ketika mengisi safari Ramadhan di Qatar. Mudah2an Ustadz masih ingat materi "memuliakan istri", ketika itu ustadz menjelaskan kewajiban suami dalam hal nafkah, istri tdk berkewajiban memasak, mencuci, menyetrika dll, (pekerjaan Rmh Tangga), dan dibolehkan meminta hak atas materi kpd suami utk keperluan pribadinya. Apa yg ustadz sampaikan menuai pro kontra diantara kami, apalagi saat itu ustadz tidak secara gamblang menyertakan hadits/ayat Qur'an yg mendasarinya. Pertanyaan saya :

1. Tolong jelaskan hadits/ayat ttg hal tsb diatas, yang rinci ya ustadz.

2. Apakah hal tsb diatas merupakan khilafiyah, diantara para ulama, kalo ya, tolong juga disertakan pendapat2 ulama lainnya.

3. Dalam terjemahan khutbah terakhir Nabi Muhammad SAW, pada saat wukuf diarafah, disebutkan" ...dan berikanlah istrimu makanan dan pakain yang layak," secara bhs Arab samakah arti makanan dan bahan makanan, saya mempunyai persepsi hal itu berbeda, krn makanan adalah siap makan, sedangkan bahan makanan adalah siap olah, tetapi saya ragu, karena ini terjemahan, khawatirnya saya salah persepsi.

Terima kasih atas jawabannya, semoga masalah ini menjadi lebih jelas dan kami senantiasa diberi hidayah utk senantiasa ridho dg ketetapan Allah. Amin

Wassalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Widia

Jawaban

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Apa kabar ibu-ibu sekalian, semoga sehat-sehat ya. Saya mengucapkan terima kasih yang sebesarnya-besarnya atas semua yang telah disiapkan oleh ibu-ibu di Doha Qatar dan di kota-kota lainnya, dalam kesempatan ber-Ramadhan selama saya disana. Semoga Allah SWT membalas semua kebaikan ibu-ibu. Dan saya mohon maaf kalau ada hal-hal yang sekiranya kurang berkenan di hati dan juga merepotkan.

Tentang materi 'memuliakan istri' itu, memang saya mendengar bahwa sempat para bapak komplain, ya. Karena ternyata 'kenikmatan' para bapak selama ini jadi seperti agak dipertanyakan dasarnya.

Sebenarnya bahwa seorang wanita tidak wajib memberi nafkah, baik makanan, minuman, pakaian dan juga tempat tinggal, bukan hal yang aneh lagi. Semua ulama sudah tahu sejak kenal Islam pertama kali. Dan pemandangan itu juga pasti ibu-ibu lihat di Qatar kan. Coba, ibu bisa lihat di pasar dan supermarket di Doha, yang belanja itu bapak-bapak kan? Bukan ibu-ibu, ya?

Nah itu saja sudah jelas kok, bahwa kewajiban memberi makan adalah bagian dari kewajiban memberi nafkah. Dan yang keluar belanja mengadakan kebutuhan rumah sehari-hari yang para suami, bukan para istri. Ibu-ibu kan lihat sendiri di Doha.

Saya sendiri selama di Doha diajak masuk ke tiga mal besar, salah satunya saya masih ingat, Belagio. Nah, saat saya di dalam ketiga mal itu, umumnya saya ketemu dengan laki-laki. Perempuan sih ada, tapi biasanya sama suaminya. Jadi yang belanja kebutuhan sehari-hari bukan ibu, tapi bapak.

Bahkan pertemuan wali murid di sekolah di Doha pun, bukan ibu-ibu yang hadir, tapi bapak-bapaknya. Ini juga menarik, sebab kebiasaan kita di Indonesia, kalau ada pertemuan orang tua / wali murid, yang datang pasti ibu-ibu. Bapak-bapaknya tidak harus dengan alasan pada kerja. Tapi di Doha, yang datang bapak-bapak dan meetingnya dilakukan malam hari, selepas bapak-bapak pulang kerja.

Mana Ayat Quran atau Haditsnya?

Ya, terus terang tidak ada ayat yang menjelaskan sedetail itu, begitu juga dengan hadits nabawi. Maksudnya, kita akan menemukan ayat yang bunyinya bahwa yang wajib masak adalah para suami, yang wajib mencuci pakaian, menjemur, menyetrika, melipat baju adalah para suami.

Kita tidak akan menemukan hadits yang bunyinya bahwa kewajiban masak itu ada di tangan suami. Kita tidak akan menemukan aturan seperti itu secara eksplisit.

Yang kita temukan adalah contoh real dari kehidupan Nabi SAW dan juga para shahabat. Sayangnya, memang tidak ada dalil yang bersifat eksplisit. Semua dalil bisa ditarik kesimpulannya dengan cara yang berbeda.

Misalnya tentang Fatimah puteri Rasulullah SAW yang bekerja tanpa pembantu. Sering kali kisah ini dijadikan hujjah kalangan yang mewajibkan wanita bekerja berkhidmat kepada suaminya. Namun ada banyak kajian menarik tentang kisah ini dan tidak semata-mata begitu saja bisa dijadikan dasar kewajiban wanita bekerja untuk suaminya.

Sebaliknya, Asma' binti Abu Bakar justru diberi pembantu rumah tangga. Dalam hal ini, suami Asma' memang tidak mampu menyediakan pembantu, dan oleh kebaikan sang mertua, Abu Bakar, kewajiban suami itu ditangani oleh sang pembantu. Asma' memang wanita darah biru dari kalangan Bani Quraisy.

Dan ada juga kisah lain, yaitu kisah Saad bin Amir radhiyallahu 'anhu, pria yang diangkat oleh Khalifah Umar menjadi gubernur di kota Himsh. Sang gubernur ketika di komplain penduduk Himsh gara-gara sering telat ngantor, beralasan bahwa dirinya tidak punya pembantu. Tidak ada orang yang bisa disuruh untuk memasak buat istrinya, atau mencuci baju istrinya.

Loh, kok kebalik? Kok bukan istrinya yang masak dan mencuci?. Nah itulah, ternyata yang berkewajiban memasak dan mencuci baju memang bukan istri, tapi suami. Karena semua itu bagian dari nafkah yang wajib diberikan suami kepada istri. Sebagaimana firman Allah SWT :

الرِّجَالُ قَوَّامُونَ عَلَى النِّسَاء بِمَا فَضَّلَ اللّهُ بَعْضَهُمْ عَلَى بَعْضٍ وَبِمَا أَنفَقُواْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ

Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. (QS. An-Nisa' : 34)

Pendapat 5 Mazhab Fiqih

Namun apa yang saya sampaikan itu tidak lain merupakan kesimpulan dari para ulama besar, levelnya sampai mujtahid mutlak. Dan kalau kita telusuri dalam kitab-kitab fiqih mereka, sangat menarik.

Ternyata 4 mazhab besar plus satu mazhab lagi yaitu mazhab Dzahihiri semua sepakat mengatakan bahwa para istri pada hakikatnya tidak punya kewajiban untuk berkhidmat kepada suaminya.

1. Mazhab al-Hanafi

Al-Imam Al-Kasani dalam kitab Al-Badai' menyebutkan : Seandainya suami pulang bawa bahan pangan yang masih harus dimasak dan diolah, lalu istrinya enggan unutk memasak dan mengolahnya, maka istri itu tidak boleh dipaksa. Suaminya diperintahkan untuk pulang membaca makanan yang siap santap.

Di dalam kitab Al-Fatawa Al-Hindiyah fi Fiqhil Hanafiyah disebutkan : Seandainya seorang istri berkata,"Saya tidak mau masak dan membuat roti", maka istri itu tidak boleh dipaksa untuk melakukannya. Dan suami harus memberinya makanan siap santan, atau menyediakan pembantu untuk memasak makanan.

2. Mazhab Maliki

Di dalam kitab Asy-syarhul Kabir oleh Ad-Dardir, ada disebutkan : wajib atas suami berkhidmat (melayani) istrinya. Meski suami memiliki keluasan rejeki sementara istrinya punya kemampuan untuk berkhidmat, namun tetap kewajiban istri bukan berkhidmat. Suami adalah pihak yang wajib berkhidmat. Maka wajib atas suami untuk menyediakan pembantu buat istrinya.

3. Mazhab As-Syafi'i

Di dalam kitab Al-Majmu' Syarah Al-Muhadzdzab karya Abu Ishaq Asy-Syirazi rahimahullah, ada disebutkan : Tidak wajib atas istri berkhidmat untuk membuat roti, memasak, mencuci dan bentuk khidmat lainnya, karena yang ditetapkan (dalam pernikahan) adalah kewajiban untuk memberi pelayanan seksual (istimta'), sedangkan pelayanan lainnya tidak termasuk kewajiban.

4. Mazhab Hanabilah

Seorang istri tidak diwajibkan untuk berkhidmat kepada suaminya, baik berupa mengadoni bahan makanan, membuat roti, memasak, dan yang sejenisnya, termasuk menyapu rumah, menimba air di sumur. Ini merupakan nash Imam Ahmad rahimahullah. Karena aqadnya hanya kewajiban pelayanan seksual. Maka pelayanan dalam bentuk lain tidak wajib dilakukan oleh istri, seperti memberi minum kuda atau memanen tanamannya.

5. Mazhab Az-Zhahiri

Dalam mazhab yang dipelopori oleh Daud Adz-Dzahiri ini, kita juga menemukan pendapat para ulamanya yang tegas menyatakan bahwa tidak ada kewajiban bagi istri untuk mengadoni, membuat roti, memasak dan khidmat lain yang sejenisnya, walau pun suaminya anak khalifah.

Suaminya itu tetap wajib menyediakan orang yang bisa menyiapkan bagi istrinya makanan dan minuman yang siap santap, baik untuk makan pagi maupun makan malam. Serta wajib menyediakan pelayan (pembantu) yang bekerja menyapu dan menyiapkan tempat tidur.

Pendapat Yang Berbeda

Namun kalau kita baca kitab Fiqih Kontemporer Dr. Yusuf Al-Qaradawi, beliau agak kurang setuju dengan pendapat jumhur ulama ini. Beliau cenderung tetap mengatakan bahwa wanita wajib berkihdmat di luar urusan seks kepada suaminya.

Dalam pandangan beliau, wanita wajib memasak, menyapu, mengepel dan membersihkan rumah. Karena semua itu adalah imbal balik dari nafkah yang diberikan suami kepada mereka.

Kita bisa mafhum dengan pendapat Syeikh yang tinggal di Doha Qatar ini, namun satu hal yang juga jangan dilupakan, beliau tetap mewajibkan suami memberi nafkah kepada istrinya, di luar urusan kepentingan rumah tangga.

Jadi para istri harus digaji dengan nilai yang pasti oleh suaminya. Karena Allah SWT berfirman bahwa suami itu memberi nafkah kepada istrinya. Dan memberi nafkah itu artinya bukan sekedar membiayai keperluan rumah tangga, tapi lebih dari itu, para suami harus 'menggaji' para istri. Dan uang gaji itu harus di luar semua biaya kebutuhan rumah tangga.

Yang sering kali terjadi memang aneh, suami menyerahkan gajinya kepada istri, lalu semua kewajiban suami harus dibayarkan istri dari gaji itu. Kalau masih ada sisanya, tetap saja itu bukan lantas jadi hak istri. Dan lebih celaka, kalau kurang, istri yang harus berpikir tujuh keliling untuk mengatasinya.

Jadi pendapat Syeikh Al-Qaradawi itu bisa saja kita terima, asalkan istri juga harus dapat 'jatah gaji' yang pasti dari suami, di luar urusan kebutuhan rumah tangga.

Perempuan Dalam Islam Tidak Butuh Gerakan Pembebasan

Kalau kita dalami kajian ini dengan benar, ternyata Islam sangat memberikan ruang kepada wanita untuk bisa menikmati hidupnya. Sehingga tidak ada alasan buat para wanita muslimah untuk latah ikut-ikutan dengan gerakan wanita di barat, yang masih primitif karena hak-hak wanita disana masih saja dikekang.

Islam sudah sejak 14 abad yang lalu memposisikan istri sebagai makhuk yang harus dihargai, diberi, dimanjakan bahkan digaji. Seorang istri di rumah bukan pembantu yang bisa disuruh-suruh seenaknya. Mereka juga bukan jongos yang kerjanya apa saja mulai dari masak, bersih-bersih, mencuci, menyetrika, mengepel, mengantar anak ke sekolah, bekerja dari mata melek di pagi hari, terus tidak berhenti bekerja sampai larut malam, itu pun masih harus melayani suami di ranjang, saat badannya sudah kelelahan.

Kalau pun saat ini ibu-ibu melakukannya, niatkan ibadah dan jangan lupa, lakukan dengan ikhlas. Walau sebenarnya itu bukan kewajiban. Semoga Allah SWT memberikan pahala yang teramat besar buat para ibu sekalian. Dan semoga suami-suami ibu bisa lebih banyak lagi mengaji dan belajar agama Islam.

Wallahu a'lam bishshawab, wassalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Ahmad Sarwat, Lc

sumber : http://www.warnaislam.com/syariah/pernikahan/2008/10/29/40320/Benarkah_Istri_Tidak_Wajib_Masak_dan_Mengurus_Rumah.htm


Read More..

Tuesday, 1 March 2011

Memasuki 7 Bulan

Minggu ini usia kandungan sudah 31 minggu, which means.. udah 7 bulan lebih dikiit. Alhamdulillah :).

Terakhir kontrol bulan lalu, posisi kepala dede masih di atas alias sungsang.

Saran dokter untuk mengatasi posisi bayi yang sungsang adalah
tiap hari melakukan posisi sujud atau nungging 3-4x sehari dan dilakukan setidaknya 10 menit.
Klo 2-3 menit sih masih gpp..saya gak sanggup klo 10 menit. Sigh. Jadi sujudnya ya paling klo lagi shalat agak d lamain dikit.

Sejak itu hampir tiap hari saya dan si mas ngajak ngobrol dede-nya.
"Deek...minta tolong dong sayang, kepalanya di puter ke bawah y dek."
Dan terkadang di tambahkan
"Tali pusatnya jangan d buat mainan, mainan yang lain aja ya, dek."

Alhamdulillah ketika kontrol bulan ini, kepala-nya udah d posisi yang benar lho. Yayy..alhamdulillah..
"Makasiih dede"

Eniwe..saya takjub sekali merasakan dede-nya udah bisa diajak berinteraksi.
Pas awal-awal trimester pertama, ketika diajak main jet coaster sama dedeknya (baca : mual)..saya selalu bilang
"Dekk..mainnya ntar aja ya, mama kan masih kerja"
ehh alhamdulillah dia nurut..mualnya jadi gak gitu parah.

Trus pas kapan hari itu penasaran sama jenis kelaminnya, saya juga bilang
"Sayang..ntar minta tolong ngangkang ya klo d liat sama dokter"
Dia ngangkang!!.. ^^ padahal bulan sebelumnya d tutupin rapet2.

Yang terbaru ya tadi itu, pas minta tolong puter posisi kepala jadi d bawah.
Ckckckck..Subhanallah sekali.

Kram tangan masih berlangsung, agak berkurang selama saya mengkonsumsi vit. dari dokter, dan makan putih telur 1-2 butir sehari.
Bengkak kaki?...teteup.. =P.
*Kaki besar..kaki besar **dengan soundtrack Arale & Dr.Slump..
Tapi seperti yang sudah pernah saya singgung, asal tidak diiringi dengan peningkatan tekanan darah, bengkak pada ibu hamil adalah hal yang wajar *kata bu dokter, sih.


Oia keinget masalah ngangkang mengangkang :p. In case ada yang penasaran (Wkwkwkkw...kayak ada aja). Komentar dokternya sih cuma gini
"Wah..burger ini bu" =P. *apa coba mksdnya?? ;)
Gara-gara komentar dokter itu, tiap kali ngelewati gerai burger,
saya dan si mas langsung ngakak keinget si dede =)).

Setelah ini, kontrol bulanan menjadi kontrol 2 mingguan. Bismillah.
*elus-elus perut
semoga tetap sehat y, sayang :).

Psst..berat saya bulan ini naik 3kg dari bulan sebelumnya.

Gambar diambil dari sini
Read More..

Mengurus Surat Cuti Hamil

Seperti yang pernah saya bilang sebelumnya, di kantor saya cuti hamil berlaku 1.5 bulan sebelum dan sesudah melahirkan. Dan sebentar lagi, saya akan memasuki masa cuti itu ^^.

Untuk yang nanti mau cuti hamil di kantor inih..berikut langkah-langkahnya :

1. Ketika kontrol bulan ke-7, minta surat pengantar dari dokter tentang due date kehamilan anda.
FYI, due date itu tanggal perkiraan kelahiran.
Di internet sudah banyak sih cara perhitungan duedate dari HPHT (Hari Pertama datangnya Haid Terakhir).
Namun, perhitungan duedate saya di internet dan dokter berbeda, sekitar seminggu.

2. cetak hasil USG kontrol bulan ke-7 ini.

3. Tunjukkan surat pengantar dan hasil USG bulan ke-7 ini ke dokter klinik kantor.

Nanti, anda akan mendapat surat rujukan keterangan cuti dari dokter klinik. Dia akan menghitung kira-kira anda akan cuti dari dan sampai kapan.

Ketika saya datang k dokter klinik , yang kayaknya masih baru dan muda, beliau bertanya
"Ntar mau lahiran apa?"
"Ya pengennya normal, dok" jawab saya

eh dia dengan polosnya nyeletuk
"Saya koq malah takut ya lahiran normal, kebanyakan ngebantuin orang lahiran sih"

Dieeng...ni orang ya.. bukannya ngasih support buat lahiran normal. Malah nakut2in.
Udah gitu malah d ceritain seremnya lahiran normal dan enaknya caesar.
What the.. #%#&@(@ -_-"

5. Berikan surat pengantar tersebut ke HRD kantor.

6. Bikin approval cuti seperti biasa.
(jangan lupa notification ke admin bagian, HRD dan bagian klinik ya)

7. Done..tinggal tunggu approval cuti anda d approve saja :D.

Tidak begitu ribet kan ya ^^. Dan ternyata, kekhawatiran saya akan dipotongnya cuti klo lahirannya mundur dari perkiraan tidak terbukti. Menurut keterangan pihak HRD, cuti setelah lahiran tetap d hitung 1.5 bulan, tidak perduli lahirannya maju ataupun mundur. Alhamdulillah...Syukur lha :).




Read More..

Monday, 21 February 2011

Desain Pagar

Googling desain pagar yang bagus..malah jadi bingung mo milih yang mana.
Akhirnya berujung coret-coret desain pagar sendiri =P.


Gambar 1. Desain yang pas bikin disangkain lagi gambar speaker dvd player -_-"

Gambar 2. Desain simple yang pas d lihat-lihat mirip ama pagar beberapa orang di perumahan..sigh..

Mana yang paling bagus sih?
Dua-duanya gambar rumah kami klo tampak depan ;)


Read More..

Friday, 18 February 2011

Kenapa Mesti Cemburu?

Orang bilang...kalo udah ada anak. Si ayah akan merasa cemburu karena perhatian si ibu jadi lebih tercurah ke anaknya. Hmm...apa benar??

Trus kenapa belum-belum...cemburunya udah nongol ya.

Bukan dari si mas...dari saya malah -_-"

Sejak ada dedek, rutinitas mas tiap malam pasti akan mencium perut saya dan mengajak dedek ngobrol.

Mas : *cium perut saya
Met bobo, dede sayang...
Papaa sayaaaang bangeet ma dedek.
Saya : Aku aku..aku juga mauuuu
Mas : *nyengir
*cium kening
met bobo ya, mama..
*dan si mas mulai sibuk ngajak ngobrol si dedek.
-Huuu di cuekiiinn-

dan kadang...klo manjanya lagi kumat...

Saya : Ade sayang mas
Mas : *senyum
Iya, mas juga..
*elus-elus perut saya
sama dedek juga apalagi ya.. sayaaang bangeett..
lebih sayang ke dedek malah...daripada ke mama
*dan si mas lagi-lagi mulai sibuk ngajak ngobrol si dedek.
Saya : *cemberut
-Iiiih..koq lebih sayangan ma dedeknya siih..-


Huuu...saya koq mulai jealous ya sama si dedek. -_-"

*replace the 'YOU' word become 'I' , vice versa

deekk...mama juga pengeen di sayang-sayang ma papa >_<

*calon ibu manja yang belum apa-apa udah cemburu ma calon anaknya.. -_-"

gambar diambil dari sini

Read More..

Thursday, 17 February 2011

Short Review

Wuiih..long time no see...lagi males nulis..padahal pengen nulis banyak.

"TV Series"
Akhirnya saya menyelesaikan Junior Masterchef Australia. Yayy.. Meski spoiler pemenangnya sudah saya ketahui dari episode pertama!. Sigh.
*lirik Ade yang ngasih celetukan singkat tentang pemenangnya.
**lirik mba Tiar yang ngasih NAMA pemenangnya!!.

Tapi teteup...takjuub ngliat betapa hebatnya anak-anak kecil ini dalam hal memasak. Maluu euyy..mengingat andalan saya dalam memasak hanya tumis2an saja. Huhuhu.

"Renovasi Rumah Part 2"
Mulai minggu lalu, renov rumah batch 2 sudah dimulai!!. Uhuuii.. Batch ini fokus di ngalusin atas plus tangga. Dan nambah pagar (insyaAllah).
Target sebelum si kecil nongol hal-hal yang urgent udah kelar. Biar pas ada si kecil gak perlu ada lagi pembangunan macem2 yang berdebu.

Sayang, belum bisa dimacem2in yang gimana-gimana rumahnya... budgetnya mesti d bagi-bagi sama si dedek =P.

"Firewell Party"
Salah satu (dua ato tiga) teman kantor akan lulus dari sini =D. Congratz you guys


"Our Child"
Mulai memilih-milih nama si kecil. Xixixi..lelet ya baru mulai sekarang :p. Habiiss..gak rela sama nama ala sinetron yang d pilih oleh si mas =)).

Apa kabar kram dan kesemutannya? Baik-baik saja. Kadang nongol, kadang enggak. Yaaahh..saya jadi mulai terbiasa bangun dini hari dan tidak bisa tidur lagi -_-". Anggap saja latihan klo si kecil udah nongol.

Minggu depan kontrol lagi ke dokter. Bismillah. Semoga dedeknya sehat-dehat saja.
Read More..

Monday, 31 January 2011

Kram Dan Kesemutan saat Hamil

Sejak hamil, badan seorang perempuan akan berubah seiring dengan perkembangan janin. Perubahan itu kadang tidak nyaman..tapi tetap penting.

Seperti saat trimester pertama, calon ibu akan merasakan mual-mual. Ada yang parah dan ada yg tidak. Mual-mual tersebut menandakan plasenta janin sedang berkembang, jadi itu hal yang wajar :).

Saya sendiri, alhamdulillah sudah merasakan mual-mual dan muntah (yang Alhamdulillaaahhh...tidak parah), sudah (dan masih) harus sering-sering ke toilet, sudah merasakan pegal-pegal di punggung, dan sudah (masih) merasakan kaki yang bengkak.
*Btw klo bengkak diiringi dengan tekanan darah tinggi dan adanya protein dalam urine, harap waspada ya..takutnya kena pre-eklamsia (keracunan kehamilan).

Yang paling terakhir saat ini dan lumayan bikin kerepotan adalah kram dan kesemutan. Seringnya pada tangan kanan saya. Yupz.. inilah yg bikin saya uring2an dan pengen gigit orang =P. Gimana enggak...datangnya selalu saat dini hari. Biasanya sih maksimal satu jam sudah bisa reda dan saya bisa kembali tidur. Tapi kapan hari itu, serangannya datang lebih awal dan gak ilang-ilang ditambah nyeri yang tidak seperti biasa...membuat saya tidak bisa tidur lagi.

Don't ever make a mess with pregnant woman who lack of sleep.
Bener-bener jangan klo gak mo d lempar obeng :p.

Nah..hasil kontrol kemaren, saya curhat tuh sama dokternya kenapa sih kram dan kesemutan ini datang. Dokter bilang, ini karena janin sudah mulai membutuhkan vit.B1. Dan karena asupan makanan saya akan sumber vit.B1 ini kurang, akibatnya kram dan kesemutan ini.

Solusinya sama bu dokter d kasih tambahan vit.B1 dan disuruh sering2 memakan sumber vit.B1 (kacang hijau, beras merah, putih telor minimal 2 tiap hari, dll).

Hari pertama setelah meminum vit tersebut, alhamdulillah kesemutannya masih ada :p, tapi datengnya pas saat waktu bangun pagi. Yayy. Lumayan lha.

hari Rabu kemaren sebenernya adalah jadwal kontrol bulanan kami, dan saya sudah pesen tuh dari jauh2 hari..
"Deekk..ntar klo ke dokter, ngangkang ya sayang..yang lebarr. Biar papa mama bisa ngliat dedek ini cewek pa cowok" :D

Eh hari itu kami batal ke dokter, karena dapet antrian yang naudzubillah.

Sampe rumah, dedeknya nendang2 mulu tiada henti sampe malem. Protes kali ya..

"Iihh..ini papa mama gimana siih..akyu udah ngangkaang nih..manaaaa katanya mo di foto" =)).

Nah, Sabtunya pas mo kontrol lagi. Saya kembali berpesan
"Deekk..sekarang k dokter lagi nih. Benerang koq gak batal. Ngangkang ya dekk.."

Dan hasilnya...

si dedek ngangkang dengan lebarnya =)).

Ahhh...makasiiih y sayaang udah nunjukin ke papa mama. Xixixixi.
Lucuu deh kmu ngangkang-ngangkang gitu ;).

Si dedek lagi seneng maen akrobat nih d dalam, posisinya jadi sungsang. Padahal bulan lalu dah bagus posisinya. Disuruh sering2 sujud sama ngepel biar kepala dedeknya bisa muter ke bawah. Belum boleh jalan-jalan dulu, biar otot pinggul gak menguat. Takutnya klo otot pinggul udah menguat, ntar si dedek susah mo muter2. Nah, untuk anak pertama posisi sungsang agak riskan. Katanya bu dokter sih karena jalan lahirnya belum teruji. Klo udah anak kedua, mungkin masih bisa d usahain. Soalnya bayi hanya diberi waktu maksimal 8 menit untuk melewati jalan lahir. Lebih dari itu, tidak tertolong.. Naudzubillah.

Bulan ini masuk minggu ke-27/28, berat si dedek udah 1303 gram alias 1.3kg. Dan si ibu naek 3kg lagi dari bulan lalu. *sebentar lagi saya akan menyusul berat si mas..Gyaaaaa....
Tekanan darah alhamdulillah masih normal (90/70) jadi resiko pre-eklamsia gak ada.


Semoga bisa tetap sehat sampai hari persalinan. Osshh..semangaat.

*elus-elus perut..
Yang sehaaat y sayaang...muuuachh.

Gambar diambil dari sini.

Read More..

Friday, 28 January 2011

Grrr..

Haduuuhh...bisa gak sih itu komentarnya di perhatiin sebelum asal nyeplos aja?? -_-"

Saya memang tambah "membengkak" sejak hamil.
Bukan hanya karena beratnya bertambah, tapi juga bengkak di kaki dan tangan.
And believe me
...rasanya gak enak banget, apalagi klo jadinya gak bisa tidur karena tangan kram dan kesemutan karna mati rasa dan sakit.


Trus paginya mesti denger komentar gak enak soal pembengkakan itu. Enough already...!!!
Argghhh...sini sini tak lempar obeng. Huhuhuhu. Sebeeelll...



*curcol pagi2 ibu hamil sensi yg pengen gigit orang.
Read More..

Tuesday, 25 January 2011

Cuti Hamil

Saya kira semua cuti hamil itu 3 bulan. Dan bebas mo d ambil kapan aja. Kepikirannya sih pertama d ambil 2 minggu sebelum due date, biar bisa lama setelah lahirannya. Ehhh ternyata...di tempat saya bekerja. Cuti hamil yang berlaku itu 1.5 sebelum dan sesudah due date.

Itupun ternyata gak total 1.5bulan juga sih,
ada beberapa kasus kayak umpama anda sudah cuti 2 minggu misalnya, trus tiba-tiba brojol duluan.. ya itungan 1.5 di awal itu angus. *sigh* dan 1.5 di akhir tetap berlaku dari hari anda melahirkan. Gak bisa diakumulasiin di belakang.

Dan sebelnya...klopun ternyata setelah cuti 1.5 bulan di awal itu gak nongol-nongol juga si dedeknya...tetep aja bukan berarti anda menikmati libur lebih lama. Karena cuti 1.5 di akhir itu akan digunakan untuk memotong cuti yang udah kepake di awal. Hueee... *versi yang ini ada beberapa pendapat berbeda, ada yg bilang gak d potong, ada yg bilang di potong.

Mau lahiran duluan ato ntar sama ruginya... sigh..sigh..

Iseng baca-baca di wikipedia..wuiih..ternyata di eropa tuh cuti hamil bisa sampe 9 bulan lhooo... yeahhh...mantaabbzz. Dan kerennya tetep dapet gaji. Klo diperpanjang juga bisa, tp gak dapet gaji. Oohhh..indahhnya... bakalan beranak terus saya mah klo ada peraturan gitu. Huehehhehe.

Gak nyangka 1-1.5 bulan lagi saya udah mesti cuti hamil aja. Udah kebayang di rumah bakalan mati gaya gak jelas, seperti status salah satu teman saya di hari pertamanya di cuti hamil
"Bosan Akut...".
Eehh...ternyata si mas udah berpikiran gimana biar istrinya betah di rumah dan gak kabur ke mall selama ditinggal kerja si mas akhirnya membeli modem buat bekal saya konek ke dunia maya. Yihaaa.

Meski tidak sama dengan kecepatan di kantor, lumayan lha biar saya gak jamuran di rumah :p.

Minggu ini usia kandungan masuk minggu ke-28, berarti janin masuk minggu ke-26. Kaki sudah bengkak gak karuan, bikin jari saya jempol semua isinya :p. Dan kalo pindah posisi dari duduk ke berdiri...pinggang udah berasa encok. Pegeel banget. Dan si kecil udah lebih sering jedag jedug klo disapa ato di dengerin apapun.

Besok insyaAllah kontrol ke dokter plus suntik TT bacth ke-2. Semogaa ntar si dedek mau "ngangkang" ya biar bisa diintip jenis kelaminnya. Xixixixi.

*elus-elus perut.
Sehaaat y deek. Can't wait to see you.


Psst..alhamdulillah mbak Evi-nya mas Jati udah nglahirin anak pertama mereka. Cowok :). Congratz ya.
Dan salah satu teman yg mendapat berita bahagia yang d tunggu2 :)... *i'm happy for you, sista ;)


gambar diambil dari sini
Read More..

Thursday, 13 January 2011

Rainbow Color


When you're feeling blue, try to paint yourself into different color #LW
:) dina told me bout this quote when i'm really feeling blue.. Luv it a lot.
Now..i'm trying to repaint myself into different color.
Rainbow color seems nice ;).


*tulisan bumil yang sedang labil :D.

gambar diambil dari sini
Read More..

Monday, 10 January 2011

Satu Keinginan yang Bisa dicoret dari Daftar

Hari pertama tahun baru ini, satu daftar keinginan bisa saya centang coret atau hapus ...

yaitu...

Membeli Mesin Cuci.

Uhuuuii...

Alhamdulillah akhirnya saya dibelikan punya mesin cuci.
*melirik puas ke mbak tiar yg sering mengompori saya..ciih :p

Setelah survey ke beberapa toko (seputar Cikarang), pilihan kami jatuh ke mesin cuci Top Loading 1 Tabung merk Samsung yang 9kg :D. Ooh..yeahh..
*Pilihan merk ini bukan atas paksaan perusahaan tertentu ;P

Sempat tergoda dengan yang Front Loading tapiih...harganyaa itu lho..
*sigh* pilihannya antara beli yang Front Loading dan mengucapkan dadah bye bye ke satu lagi keinginan saya yang ingin dipenuhi tahun ini atau cukup puas di Top Loading 1 Tabung tapi kemungkinan satu lagi daftar keinginan yang bisa di centang :D.

Mungkin udah pada tahu ya. Klo sebenernya Top Loading itu lebih boros air daripada yang Front Loading. Apalagi yang 2 tabung. Boros energi juga sih klo itu.
*ngebayangin klo dedeknya dah nongol, cucian pasti setumpuuk..saya tak sanggup klo hanya mengandalkan tangann...dan mesin cuci 2 tabung ... **manjaaa >_<

Jadi pilihan jatuh ke mesin cuci ini. Pertama kali mencoba...ooh..saya langsung jatuh cinta. Cucian setumpuk bisa kelar dengan cepat dan saya tidak harus cape menyikat dan mengucek cucian. Oooh..yeaahhh =)).

Selamat tinggal tangan yang lecet karena kebanyakan ngucek.. ;). Psstt...tapi catet yaa..tidak semua pakaian bisa dicuci di mesin cuci. Ahh..saya jadi tambah suka mencuci klo gini caranya =)). *lirik si mas makasiiih ya suamiku :D

gambar diambil dari sini


Read More..

Saturday, 8 January 2011

My (Baby's) First Needs : Clodi

Sebagai calon ibu *ciee..aiih..koq jadi maluu sendiri ya nulis yang keibu-ibuan ginih?? -_-"
saya udah googling-gooling dunk perlengkapan apa aja yang diperlukan klo si dedek lahir.
Malah mas Jati, salah satu teman kantor, pernah ngasih list perlengkapan newborn yang ampun2an listnya lengkap buangeet. Saluuut euyy ;)..


Saya masih awam bangeet nih sama perlengkapan bayi. Biasanya cuma tau Bayi itu lucu..gemesiin.. giliran nangis..balikin deh ke ibu/bapaknya =)). Lha..klo anak sendiri..balikin ke siapa ya? Disodorin ke bapaknya kali ya? Xixixixi...PLAAKK

Nah..ada satu perlengkapan bayi yang saya udah incer dan gak sabar banget pengen beli. Yaitu..CLODI yup.. CLOTH DIAPER.

Aahh..ibu-ibu muda jaman kini pasti tau istilah satu ini =P. Jadi ini tuh ya..popok kain yang gak tembus kayak dispo (Disposable Diaper) tapi bisa dicuci.

Hebatnya...ayah saya sudah tau lho..entah darimana. Bahkan sebelum saya membahasnya.
"Ehh..ntar kamu popoknya jangan pake popok yang sekali pake lho..bisa iritasi tuh kulit bayi, mending pake popok kain yang bisa dicuci itu lho.. apa sih namanya.."

Ahhh..terharuu saiyaahh..ayah memang hebaat :D.

Yupz..memang clodi ini konon bisa menghemat sekali pengeluaran untuk si keci dalam hal diapers. Duit diaper bisa dipake nyalon kan sama emaknya nanti =P. Mengurangi sampah diapers dan iritasi pada bayi pastinya.

Dan kapan hari saya tergoda untuk membeli clodi, meski usia kandungan ketika itu masih 5 bulanan. Milihnya yg lokal dulu, bukan merk import yang naudzubillah harganya.. -_-".

Setelah googling sana sini, tergoda untuk membeli clodi lokal merk Pempem!. Beli disini. Kenapa merk ini? *selain karena dapetnya lagi ada diskon paketan dan temen beli-nya (*waving to dina).

Ini merk lokal yang udah ada lapisan PUL-nya, insertnya udah ada yang bamboo..bukan hanya microfiber saja dan bisa diatur ukurannya.

Pas barang pertama kali nyampe, saya dan dina bengong, ini insertnya yang mana yang micro yang mana yang bamboo ya =)). Gak ngerti sama sekali.
*catet...banyakin baca2 lagi tentang clodi
Sepertinya kedepannya klo si dedek udah ada (insyaAllah) saya akan mereview "kemampuan" clodi Pempem! ini, dan tidak menutup kemungkinan merk2 clodi lainnya ;).
*nyiapin tabungan buat beli clodi merk lain.

Gambar diambil dari sini

Read More..

Friday, 7 January 2011

Knock...Knock

Jam 9 malam si mas yang udah 5 watt iseng 'ketuk-ketuk' perut saya,
menyapa si kecil.


"Dedeekk...banguun doong..."


"Papa kangeen nih"


ehh...gak lama kemudian dedeknya langsung bereaksi..dia nendang2 ato mukul ya? dengan semangatnya.
sampe saya kegelian sendiri.

Giliran si dedek dah semangat karna di'bangunin' papanya...eh papanya malah molor. Ciiih.. -_-"

Jadinya mamanya niih yang gak bisa tidur ngeladeni si dedek...minta dia bobo karna udah malem =P.

*dekk laen kali klo disapa papa malem-malem..cuekin aja ya.. kita bobo aja..pura-pura gak denger =)).


Eniwe salah satu temen yang usia kandungannya lebih dulu beberapa minggu dari saya bertanya
"Udah ketauan belum cewek/cowoknya?"
saya menggeleng, dan cerita tentang betapa pemalunya si kecil pas di USG kemaren..
persiiis ibunya *PLAAKKK* .

Eh teman saya langsung bilang..
"Makanya...ikhlass aja ul"
Heh?
"Iya..pasti kmu sama masmu gak kompak ya cewek cowoknya.."
saya nyengir
"..jadi si kecil ikutan gak mau ngasih tau. Kalian mesti ikhlas..gak boleh ngungkit2 cewek cowok."
Hooo...saya ngangguk-ngangguk mengerti.

*colek-colek si mas
Tuuuh mas...ikhlass aja. Yang penting si kecil sehat jasmani rohani





dan klo bisa kayak Nicholas Saputra ato Christian Sugiono. =P

gambar diambil dari sini
Read More..

Monday, 3 January 2011

Happy New Year



Happy New Year, 2011

semoga tahun 2011 ini jauhh lebih baik dari tahun2010 dan bisa membawa berkah bagi kita semua. Amiin.
Ada beberapa rencana dan keinginan di tahun ini, *salah satunya tentang si kecil pastinya...
semoga semua bisa terwujudkan dengan baik :). Amiiinnnn

gambar diambil dari sini
Read More..