Recent Posts

Saturday 11 November 2017

[Day 10][Materi 1] Games Bunda Sayang : Komunikasi Produktif

Hari terakhir tantantangan 10 hari Games Komunikasi Produktif.

Seringnya saya, kalau lihat anak berbuat baik, cuma senyum dan bersyukur dalam hati saja, tidak diucapkan ke yang bersangkutan. Kalaupun memuji, cuma bilang
"Wah kakak hebat, jagoan"
Giliran berbuat salah... Aduuh mulut ngomel kayak gak ada remnya. Astaghfirullah.

Padahal justru yang harus lebih sering diucapkan itu pujian, semakin dipuji anak jadi semangat melakukan kebaikan lainnya. Eitss..Tapi bukan asal memuji. Memujipun harus jelas. Harus produktif 😁.

Jadi ketika kakak Khanza beres2 rumah, menyapu bahkan menyikat kamar mandi ketika mandi sore tanpa saya pinta. Saya langsung meluk dan mencium kepalanya.
"Kakaaak.. makasih yaa bantuin mama beres-beres rumah. Pakai nyapu..Trus sikat kamar mandi pula."
Dia cuma nyengir
"Iyaa...Aku kan pengen bantuin mama"
Iih jadi pengen meluuk2 anak gadis terus deh.
"Iyaa mama kebantuuuu bangeeet kakak kayak tadi. Makasiih ya sayaang"
Dia nyengir2 bahagia. Hihihi.

Sedang Zalfa, masih punya kebiasaan kalau lagi ingin sesuatu, pasti mintanya sambil merengek. Menangis dan setengah berteriak. Begitupun kalau digoda kakaknya.

Beberapa kali setiap Zalfa melakukannya, sering saya tegur
"Zalfaaa..Coba ngomong nya pelan-pelan. Mama gak ngerti kalau Zalfa ngomong sambil nangis"
"Endaaak...Huaaa...Huaaa..Japa maunya ngomong sambil nangiiis"
"Oke. Nanti kalau sudah selesai nangisnya baru Zalfa bilang ya sama mama maunya apa"

Cara ini seringnya tidak maksimal, karena saya belum lakukan 7-38-55. Tanpa senyum, intonasi tinggi, yang ada Zalfa Makin nangis (ketakutan). Butuh effort lebih bila hanya saya yang menghadapi nya. Karena kadang, saya butuh memeluknya Dan mengelus untuk menenangkannya. Kadang malah menggendongnya. Dan hal ini cenderung susah dilakukan kalau gak ada yang pegang Kenzie.

Ini hari terakhir games 10 Hari ber Komunikasi Produktif. Games yang membuat saya berpikir setiap kali akan mengeluarkan kalimat ke anak.
"Apa ini sudah masuk KomProd ya"
"Apa nadaku terlalu tinggi"
"Senyuum jangan lupa"
Dan hal2 lain yang alhamdulillah semoga bisa membuat saya lebih baik lagi berkomunikasi dengan anak2.

#hari10
#gamelevel1
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip



0 comments:

Post a Comment