Recent Posts

Friday 3 November 2017

[Day 2][Materi 1] Games Bunda Sayang : Komunikasi Produktif

"Maa..Dasi Seragam HW-ku hilang" lapor kakak sepulang sekolah.

Dengar Kakak Khanza ngomong gini, pengennya langsung ngomel
"Koq bisaa, kakak sih pasti pakai dilepas2 segala, jadinya jatuh kan pas main. Kayak dulu kan yang kakak ilangin buku apa gitu.  Teledor deh. Mama gak mau tahu ya, pokoknya gak mama beliin lagi" plus fitur zoom in zoom out layaknya sinetron.

Untung sebelum rentetan kalimat diatas keluar, remnya jalan 😂😂.

Saya pandang wajahnya, ada rasa khawatir  dan takut disana. Pasti dia sudah mengeluarkan keberanian untuk bercerita ke emaknya ini.

Ingat kaidah 7-38-55...tarik nafas, atur  intonasi suara. Pasang senyum. 
"Wahh iya kah? Kenapa memangnya koq bisa hilang?" 
"Iyaa maa..Hilang pas aku lari2an sama teman2"
"Ooh gitu, trus?"
"Jatuh kayaknya, ma. Aku gak tau dimana tapi jatuhnya"
"Hmm...Trus gimana dong?"
"Beliin lagi ya ma" pintanya. 
"Boleh, potong uang jajan kakak ya" 
"Yaaahh..Koq gitu"
"Iya dong"
"Hmm.. iya deh"
"Trus enaknya gimana ya kak biar ntar pas punya baru gak ilang lagi?"
Dia mikir sebentar..
"Ntar gak aku lepas2 lagi, ma."
"Trus?"
"Aku iketnya yang kenceng juga biar gak jatuh"
"Siip. Oke kakak" saya nyengir.

Malamnya...

"Mamaaa..Aku mau jualan aja biar dapat duit beli dasi seragam HW. Jadi mama gak usah keluar duit"
"Wahh boleh, memang kakak mau jualan apa?"
"Aku jual bolpoin warna ini aja, ma" katanya sambil nunjukin bolpoinnya yang dibeli di koperasi sekolah.
"Bagus Kan, ma...Warnanya lho banyak, ma..Ada biru, ungu, orange, macam2"
"Iya emang bagus kak"
"Makanya...Mama beli yaa. Aku beli di koperasi 4ribu, Buat mama aku jual 5ribu saja, gimana gimana??" tanyanya dengan tatapan berbinar2.

😂😂 Jualan koq ke emakmu dewe, ndhuuk. Podho wae la'an.

Dalam hati saya bersyukur tadi menahan amarah, dan ketimbang mengeluarkan kalimat menyalahkan dan mengungkit kesalahannya yang dulu2, saya mencoba mengajaknya mencari solusi.

Dan memang, ya. Solusi anak itu adaa aja. Tinggal bagaimana kita mengeluarkannya saja.

Tabel KomProd Khanza

Sementara Zalfa, lagi fase menolak kalau disuruh mandi . Mbuleeet aja gak mau mandi. Efek nunggu emaknya beresin keperluan pagi.
"Zalfaaa..Mandi sekarang gih udah jam segini nih"
"Gak Mauuuu. Zalfa udah mandiii kemaren" 😐

upss iya, kalimat gak produktif nih kalau asal perintah gini. Mikir sebentar, mencoba menawarkan pilihan ke Zalfa.
"Hmm...Zalfa mau mandi sambil nyuci mainan yang ini atau mainan yang itu?" 
"Japaa mau nyuci mainan iniii" jawabnya seketika, sambil meluk2 mainannya. 
Okeee..siip. Yes. Giring ke kamar mandi 😁.

                      
                     Table KomProd Zalfa

#hari2
#gamelevel1
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

0 comments:

Post a Comment