Recent Posts

Tuesday 24 August 2010

Puasa dan Sahur

Puasa dan sahur tidak akan bisa terpisahkan...
kecuali klo lagi apes bangun kesiangan dan pas bangun langit dah terang yah... selamat berpuasa dengan badan lemas tak berdaya karna tak sahur =P.

Anda yang masih tinggal dengan orangtua harus benar-benar bersyukur. Karna kenikmatan menjalani berpuasa di tengah-tengah keluarga adalah hal yang penuh anugerah. Tidak hanya tentang berkumpul bersama keluarga. Tapi sahur dirumah seingat saya benar-benar menyenangkan. Bangun-bangun...makanan sudah siap. Paling banter saya cuma kebagian tugas menyiapkan piring atau membangunkan kakak-kakak yang yaoloh susah beneer dibanguninnya -_-". . Makan sahur dengan mata masih belekan dan merem-merem gak jelas. Setelah sahur? Subuhan dulu trus langsung tidur lagi. Aahhh..nikmatnya.
Cucian di dapur? sudah ada yang mencucikan. Beres2 piring? ntar ada yang beresin koq. Enak banget kan. Xixixixi.

Karna kemudahan dirumah itulah saya sempat shock waktu pertama kali puasa ditengah perantauan, jauh dari keluarga. Jangankan ada yang nyiapin makanan, bisa bangun pagi buat sahur aja sudah alhamdulillah. Tapi disaat seperti inilah saya mulai belajar memasak. Gimana gak mo belajar masak. Wong pagi-pagi warung kebanyakan pada tutup pas sahur..dan gile aja klo mo kelayapan pagi-pagi buta buat mencari makan sahur.

Untungnya saya ditemani oleh teman satu kost satu perjuangan. ^^..jadinya kami bisa mengeksplore kemampuan memasak kami. *lebih tepatnya saya berguru padanya*.
Dua tahun hidup ngekost..lumayan menambah kemampuan memasak saya. Saya yang dulu gak pernah sekalipun merambah dapur..sekarang paling sering didapur. Dulu yang klo masak sayur bayam aja mesti jerit-jerit ke penjaga kost nanya resep dan caranya sekarang bisa lhaa..masak masakan lain selain bayam ;).

Pengalaman belajar memasak saat ngekost benar-benar berguna sekali sekarang. Saat saya sudah menjadi seorang istri dari suami yang doyan makan nasi . Memang sih, seminggu pertama puasa..orangtua saya datang berkunjung. Jadi....saya ada yang bantuin masakk!!! (baca : masakin). Yaayyy *smooch mommy*.. =D.

Tapi setelah orangtua saya pulang dan digantikan dengan bapak mertua plus temannya (untuk bantu renovasi rumah). Mau tidak mau saya harus merambah dapur. Bukan...saya tidak mengeluh. Ini saatnya saya membuktikan diri sebagai anak menantu yang baik. Jangan sampai bapak berpikiran anaknya ada ditangan yang salah. Wkwkwkwk..

Masakan Kesan pertama yang saya suguhkan buat bapak mertua adalah...

jreeng...jreeng...


mie instan plus telor!!!..


bagooosss *mencibir diri sendiri*. sigh.


Salahkan badan yang terlalu lelah untuk memasak yang aneh-aneh...

Salahkan bahan makanan yang ternyata tidak nangkring didalam kulkas :((.

Yeaahh...first impression memang tidak begitu bagus =P. Tapi setelahnya saya berjuang sebisa mungkin menyuguhkan makanan normal enak buat bapak mertua. Biar gak malu-maluin.
Bagi saya yang sebagian resep andalannya cuman bisa tumis-tumisan sayur. Hanya satu kesulitannya....Bapak mertua tidak suka tumis sayur!! Mampus dah.

Jadinya nih sekarang tiap hari nguprek-nguprek resep yang kira-kira bapak doyan. Paling gampang sih bikin pecel aja deh pake bumbu dari ibu mertua. Xixixixi.. pasti doyan deh. Wong bumbunya buatan istri sendiri =P.

Nah jadi tiap pulang kantor sekarang saya mesti belanja dulu (kalo lagi tidak ada bahan makanan) trus mempersiapkan buka. Trus setelah buka, pas bapak-bapak lagi pada ngobrol-ngobrol..saya masak buat sahur. Kenapa masaknya sekarang? Karena bapak pengen tidurnya dirumah yang direnov dan makanan sahur dibawa dari malamnya. Biar gak usah dianterin pagi-pagi katanya. Masakan sudah beres... sekarang tinggal cucian piring. Mo langsung ditinggal tidur? Mane bisaa...emang piring bisa bersih sendiri?.. dan semua itu saya lakukan masih mengenakan pakaian seragam kantor.

Paginya jam 3 udah mesti bangun buat nyiapin sahur buat suami dan saya. Dulu mah klo jaman di kost, klo males sahur..tinggal bikin teh ato makan roti. Sekarang? Klopun saya
males..suami tetap harus dimasakin makanan..

Sayang belum ada kesempatan puasa berdua saja...
*alesan..padahal biar gak usah buru-buru pulangnya buat nyiapin buka =P*.



Lesson of the day :
Kalian para perempuan diluar sana.. belajarlah memasak...karena memasak itu perlu!!
Seriusan.. perlu banget. Meski cuma goreng telor dan tahu tempe.

*hanya pastikan cari pasangan yang tidak alergi telor*

Klo bener-bener gak bisa memasak...tidak apa-apa.
Carilah suami yang bisa memasak... =D.

xoxo


gambar diambil dari sini

4 comments:

  1. iya niy mbak,,,
    aku uda lama ngekos,,,tapi baru beberapa bulan terakhir ini belajar masak...biasanya beli terus...hehehehe

    ReplyDelete
  2. @riesta
    iya ries...belajar resep masakan yang buanyaakkk..
    bumbunya sama aja lhoo sebenernya :D
    semangat yahh neng ^^

    ReplyDelete
  3. nahh, itu tuh mbak... tips yang paling terakhir, maunya yang itu aja deh, hihi...

    ReplyDelete
  4. setuju ma ta... heheheh :D

    hayooo kita cari suami yang hobi masak n butuh tester masakan nya :D

    ReplyDelete