Recent Posts

Tuesday, 24 August 2010

Rencana Renovasi Rumah

Sebelumnya saya sempat menyinggung soal renovasi rumah. Iyah..rumah kami sedang di renov. Bukan renovasi yang gede-gedean sih. Cuma menambah dinding belakang dan bikin dapur saja. plus insyaAllah memindah kamar mandi.

Mengingat karena tipe bangunan yang hanya 29, jadi bangunan asli dari pihak developer hanya ada ruang tamu, 2 kamar tidur dan satu kamar mandi.

Sekedar mengingatkan, bagi anda yang membeli rumah baru dari perumahan. Ada hal-hal yang perlu dicek selain bangunannya. Yaitu ukuran septictank dan pipa PVC yang digunakan.

Kenapa saya menyebutkan 2 hal itu? Karena dibandingkan bangunan yang terlihat mata. Dua hal itu tersembunyi letaknya dibawah tanah dan bila tidak dicek kemudian hari bisa sangat merepotkan.

Standart Pipa PVC yang bagus kalau saya tidak salah ingat, ukurannya sekitar 0.3mm keatas. Namun, biasanya pihak developer menggunakan yang dibawah itu. Jadi sebisa mungkin dicek ya ukuran pipanya. Lebih baik diganti kalau tidak sesuai standart. Jangan sampai kejadian setelah ditempati pipanya rusak dan air merembes kemana-mana diantara keramik. Sadly, it happened to my neigbour. Akibatnya..dia harus membongkar seluruh keramik yang dilewati pipa air itu. Nah..malah tambah biaya kan?.

Yang kedua adalah septic tank. Septic tank dari developer biasanya ukurannya kecil sekali. Paling 1x1.5 m atau bahkan kurang. Dengan ukuran septic tank sekecil itu, biasanya dalam waktu beberapa tahun akan cepat penuh. Dan ujung-ujungnya, kita harus menutup septic tank itu dan membuat lagi yang baru. Lebih baik diperbesar sebelum digunakan kan?

Oia satu lagi...bahan dasar bangunan perumahan sekarang ini biasanya menggunakan batako. Ada memang yang menggunakan bata merah, tapi harganya juga lumayan. Jadi bila memang rumah yang anda beli menggunakan batako. Saya diberitahu oleh tetangga pojokan rumah. Sebelum pembangunan, nego dengan pihak kontraktornya. Untuk menganggantinya dengan bata merah. Atau kalau tidak boleh, isi batako dengan semen. Diharapkan dengan begitu, dinding bisa lebih kokoh.

Btw ini denah perbandingan sebelum dan sesudah (insyaAllah) renovasi

(klik gambar untuk memperbesar)


postingan menunggu jemputan si mas margarine diiringi dengan pertanyaan teman-teman
"Lhoo...ull...koq tumben masih dsini...masnya lagi lembur nih pasti"
sigh.. *ketauan deh saya posting darimana =P


gambar diambil dari sini

8 comments:

  1. Makasih infonya mbak...
    Di rumahku gmana ya????ntar dicek ah...jadi khawatir...

    ReplyDelete
  2. @riesta
    :D iya d cek aja jeng. aku juga d kasih tau sana sini itu infonya ^^

    ReplyDelete
  3. Jasa poles lantai marmer/teraso 085710457965 http://jhoncleaning.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. Sangat menarik infonya , semoga bisnis renovasi rumahnya lancar dan terus berkembang. Salam sukses selalu , Renovasi Rumah di Jakarta oleh renovasi123.com

    ReplyDelete
  5. Jasa konsultan arsitektur terpercaya dan berpengalaman.
    www.grandgoldenindonesia.com

    ReplyDelete
  6. Jasa konsultan arsitektur terpercaya dan berpengalaman.
    www.grandgoldenindonesia.com

    ReplyDelete
  7. Jasa konsultan arsitektur terpercaya dan berpengalaman.
    www.grandgoldenindonesia.com

    ReplyDelete
  8. Perkenalkan kami CV HATO, General Kontraktor Jawa Tengah yang melayani pembangunan maupun renovasi rumah, gedung maupun kantor. Kepuasan pelanggan karena fleksibilitas dalam perencanaan dan pelaksanaan harga yang kompetitif dengan tidak meninggalkan kualitas adalah tujuan kami. Kenali kami lebih jauh dengan mengunjung http://kontraktorcvhato.blogspot.co.id/ ...Salam. - CV HATO

    ReplyDelete