Recent Posts

Monday, 30 November 2009

Tebar Qurban Bagi Sesama

Itu tema Idul Adha tahun ini yang di usung oleh DKM tempat saya bekerja . Bila tahun lalu, penyebaran hewan qurban di lakukan di daerah cikarang utara, tahun ini daerah yang dituju adalah cikarang pusat.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, di sini ada 2 tipe pengumpulan dana qurban. Satu, rekan-rekan yang mempercayakan dana qurbannya dengan menyetor uang sejumlah 750rb hingga 1.2jt untuk di belikan kambing dengan berat sesuai uang yang di setorkan. Dan kedua, rekan-rekan yang menginfaqkan uang dengan jumlah tertentu untuk kemudian di kumpulkan dan di belikan kambing qurban. Tahun ini infaq qurban di patok sejumlah 20rb rupiah...lebih juga gpp sih.. lumayan ringan kan? Jadi meski belum bisa berqurban 1 ekor kambing, tapi setidaknya bisa urun serta untuk membeli qurban :)

Alhamdulillah, hewan qurban yang berhasil di kumpulkan dari teman-teman karyawan yang mempercayakan qurban dan hasil infaq qurban sejumlah 49 ekor kambing, dengan rincian 32 ekor dari qurban pribadi dan 17 ekor kambing dari infaq qurban. Serta 7 ekor sapi pemberian dari management.

Dengan jumlah sebanyak itu, penyebaran qurban tidak terpusat di satu titik saja. Sesuai namanya, yaitu Tebar Qurban...hewan qurban di tebar di 5 desa dan di bagi sesuai dengan jumlah KK a.k.a Kepala Keluarga yang membutuhkan. Rinciannya adalah sebagai berikut :
1. Desa Pasir Tanjung dengan jumlah penerima qurban 200 orang mendapatkan 3 ekor sapi dan 14 ekor kambing
2. Desa Pasir Ranji dengan jumlah penerima qurban 127 orang mendapatkan 1 ekor sapi dan 4 ekor kambing
3. Desa Sukamahi dengan jumlah penerima qurban 130 orang mendapatkan 1 ekor sapi dan 5 ekor kambing
4. Desa Hegarmukti dengan jumlah penerima qurban 111 orang mendapatkan 1 ekor sapi dan 3 ekor kambing
5. Desa Cicau dengan jumlah penerima qurban 32 orang mendapatkan 4 ekor kambing

Sisanya kalau tidak salah di alokasikan untuk proposal qurban yang diajukan kedalam DKM. Ada 3 proposal yang masuk, yaitu dari FMGA, SMPN 3 Cikarang Pusat dan YSDNI.. CMIIW

Acara Tebar Qurban sendiri dilakukan pas hari Jumat tanggal 27 November 2009. Lokasi yang di jadikan tempat cermonial adalah Kp. Paparean Pasir RT. 11/07 Desa Pasir Tanjung, Cikarang Pusat. Desa ini terletak persis di pinggir Kali Malang. Lokasinya mudah ditemukan sebenarnya. Tinggal lurus saja, di peta pun hanya diberi patokan jembatan biru :p.

Jalan menuju lokasi harus di tempuh dengan hati-hati karena rusaknya badan jalan beberapa meter sebelum lokasi. Di lokasi sudah ada beberapa panitia yang stay di sana, membantu persiapan penduduk setempat untuk acara. Tenda dan kursi sudah di tata sedemikian rupa. Panggung sederhana juga sudah disiapkan.

Sambutan penduduk alhamdulillah welcome sekali. Merekapun ramah dan ringan tangan. Setelah acara sambutan sana sini, pemotongan qurban sebentar. Kemudian bapak2nya shalat Jum'at sebentar di masjid kecil dekat tempat acara, sedangkan ibu2nya makan siang dulu di tempat yang sudah disediakan. Baru setelah shalat Jum'at. Ibu2nya antri shalat Dhuhur di salah satu rumah penduduk dan bapak2nya makan siang.

Belakangan, saya baru tahu..kalau untuk persiapan acara cermonial tersebut, termasuk tenda dan makan siang.. sudah ada budget tertentu yang di berikan ke penduduk setempat sebelumnya. Syukur deh, saya sempat mengira wahh..repot-repot sekali sih ya pakai acara disiapin makan siang segala.

Acara selesai sekitar pukul 14.00 lebih. Dan...saya membawa pulang 1 kg daging yang akhirnya di bagi dua dengan seorang teman, karena takut kebanyakan dan bingung mau di masak apa :p.

Fiuhh..laporan tebar qurban pertama yang saya buat ya nih.. hehehhe... semoga tahun depan masih di berikan umur untuk menjalaninya dan rejeki lebih agar bisa berqurban ^^. Amiin


gambar asal comot dari sini

0 comments:

Post a comment