Recent Posts

Wednesday 26 June 2013

Tak hanya untuk yang kecil

Komik cuma buat anak kecil? Ahh..siapa bilaang :p.

Saya dari kecil dan sampai sekarang adalah penggemar komik. Menurut saya, komik itu visualisasinya jelas. Tidak seberat novel yang harus menyampaikan emosi ke pembaca hanya dengan tulisan. Komik bisa menyampaikannya dengan lebih mudah.

Bukannya saya tidak suka baca novel, saya suka koq. Apalagi klo gratisan =P. Hanya diwaktu senggang yang tidak butuh menguras otak dan imajinasi. Saya lebih prefer komik. Selain waktunya lebih singkat bacanya, ceritanya juga lebih ngena. #males mikir.
Komik sendiri banyak sekali genrenya, ada yang khusus anak-anak, buat dewasa, remaja, perempuan atau laki-laki. Jadi tidak semua komik memang bisa dikonsumsi anak kecil. Dan tidak menutup kemungkinan komik untuk orang dewasa.

Topik yang diangkat bisa berbagai macam. Tidak hanya tentang cerita cinta remaja atau pertarungan dengan penjahat. Tapi ada juga komik yang mengangkat tentang menggapai mimpi atau menceritakan tentang sebuah profesi (koki, pemadam kebakaran, pesulap, dll).

Sayangnya, sejak menikah dan punya anak, karna keterbatasan waktu, saya sudah lama tidak membeli komik lagi. Kalaupun membeli..paling saya mengincar koleksi komik lama yang pernah saya baca dan saya suka ceritanya.

Karna komik lama dan sekarang memang berbeda. Kalau dulu, pacaran bertatap muka aja udah bikin tokoh utamanya blushing gak karuan. Komik sekarang? Gak sedikit kayaknya ada adegan seranjang dan bukan buat main kartu padahal masih pacaran.

Dan dari beberapa komik yang saya baca, ada satu judul yang pas saya baca-baca jaman sekolah dulu membayangkan kehidupan pas udah nikah dan pas udah nikah cekikikan sendiri pas bacanya. Cause it's so damn true :p.

Judulnya Nishimuku Samurai karangan Waki Yamato, layaknya komik karangan Waki Yamato yang penuh dengan adegan kocak dan konyol.

sumber : dari sini
Nishimuku Samurai juga membawa kesegaran dalam cerita tentang keluarga muda Hanshiro dan Yuki dan permasalahan yang mereka hadapi.

Misal saat Yuki mendapat kabar mertuanya akan datang, dia langsung heboh beres2 rumah (saya banget deh :p). Semua barang2 dimasukkan ke lemari. Eh pas mertua datang, dan buka lemari..langsung pada jatuh semua :p.

Atau saat Yuki bangun pagi sekali saat ada mertuanya
"Fiuh..untung aku sudah biasa bangun pagi"
Eh, pas keluar kamar, mertuanya udah duduk rapi didepan meja makan, sarapan sudah siap, rumah sudah kinclong =)) *lagi-lagi agak menohok buat saya :p.

Dan beberapa cerita lain di komik ini yang berhasil menggambarkan kisah keluarga muda dengan apik dan kocak.

Jadi...siapa bilang komik cuma buat anak kecil? ;).

ps : 

karenanya, seleksi juga bacaan komik anak anda, karena memang tidak semua komik layak dikonsumsi anak kecil. Jangan mentang-mentang isinya bergambar semua, lalu merasa aman buat anak kecil, ya.

Lindungi anak kita dari bacaan yang tidak sesuai umurnya :).

8 comments:

  1. Waki Yamato ini yg ngarang Miss Modern ya?
    Setahun yg lalu aku abis sewa di bookrental.
    Masih bisa membuatku terkesima, tertawa, sedih....
    oke banget lah pokoknya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kan iyaa kan?? :p
      Waki Yamato termasuk salah satu penulis komik favoritku nih. Selain Kyoko Hikawa.
      Miss Modern, Little Miss New York, dll.

      Delete
  2. gua kurang suka baca komik. paling dulu baca komik sinchan. hahaha. pada dasasrnya lebih suka baca novel (yang gak bergambar) dibanding komik.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sinchan termasuk salah satu komik yang cocok buat remaja keatas, gak buat konsumsi anak kecil imo :D.
      Makasih ya udah mampir ^^

      Delete
  3. Saya sukanya Detectif Conan, mbak :)
    Penuh dengan kemisteriusan. Suka banget sama tokoh Ran :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Detektif Conan juga aku suka baca :D, ngoleksi juga beberapa dulu. ^^

      Delete
  4. Waki Yamato juga kesukaanku, Ul. Koleksiku kayaknya lengkap deh. Paling suka Yokohama, Miss Modern, Little New York (paling suka kok sampe tiga judul ya, wkwkwk.. soalnya bingung kalo cuma milih satu :p)
    Sayang harga komik sekarang mahal, jadi gk pernah beli lagi, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huaa lengkaap banget koleksinyaaa. Aku dulu yang Waki Yamato gak ngoleksi. Sigh. Tapi sukaaa banget bacanya. Eh pas mo ngoleksi, harganya udah mihil. Kekekek.
      Pinjeeeemmm *kedip kedip =))

      Delete