Recent Posts

Thursday 2 April 2009

April Mop

mini-april-fool-illus Tanggal 1 April biasa dikenal dengan April Mop ato d Inggris disebut April Fool’s Day. Di hari ini entah kenapa serasa wajar2 saja berbohong ato fooling with people dengan alasan “Ini kan April Mop” sambil senyum senyum…melontarkan pembelaan atas kebohongan yang telah d ucapkan.

Sejak mendengar tradisi ini beberapa tahun yang lalu, aku tak pernah suka. Apalagi setelah tahu beberapa kebohongan yang d sebarkan d hari itu bisa berakibat besar pada seseorang. Misalnya ada suami yang iseng bilang k istrinya kalo dy selingkuh, ato ada seseorang yang bilang ke temannya klo salah satu saudaranya kecelakaan ato gimana. Ugh…gak banget aja menurutku.

 

Dan pas meeting, managerku sempat menyinggung soal ini. Akhinya aku penasaran mencari sejarah tentang April Mop ini d mbah google. Di link Why Go Indonesia ini dan blog amami-ama 

 

Tau kah anda? Kalau sejarah ini bermula tanggal 1 April 1487 di Spanyol. Ketika itu kaum Muslim Spanyol yang mulanya aman dan damai d bawah kekuasaan Panglima Thariq bin Ziyad jatuh ke tangan pasukan Spanyol. Saat itu, komunitas muslim yang berhasil bertahan hidup dari serangan d janjikan keselamatan jika mereka mau menyerah dan meninggalkan Spanyol dengan kapal yang disediakan.

Ribuan orang memilih untuk mempercayai janji itu dan sebagian lainnya yang masih curiga memilih untuk bertahan d rumah masing.

Namun, setelah kaum muslimin saat itu yang kebanyakan adalah wanita dan anak-anak kecil berkumpul di pelabuhan Granada, pasukan Spanyol membakari rumah-rumah mereka, bahkan yang masih berpenghuni sekalipun dan kapal yang seyogyanya d gunakan untuk membawa mereka pun d bakar.

Dan alih-alih kebebasan… mereka yang tidak bersenjata malah d bantai habis-habisan tanpa ampun.

Kejadian pembataian kaum muslimin dan pengingkaran janji itu terjadi tepat tanggal 1 April 1487

 

Di akhir postingannya, amami-ama berkata

Bagi umat Islam April Mop tentu merupakan tragedi yang sangat menyedihkan. Hari di mana ribuan saudara-saudaranya seiman disembelih dan dibantai oleh tentara Salib di Granada, Spanyol. Sebab itu, adalah sangat tidak pantas jika ada orang Islam yang ikut-ikutan merayakan tradisi ini. Sebab dengan ikut merayakan April Mop, sesungguhnya orang-orang Islam itu ikut bergembira dan tertawa atas tragedi tersebut. Siapa pun orang Islam yang turut merayakan April Mop, maka ia sesungguhnya tengah merayakan ulang tahun pembunuhan massal ribuan saudara-saudaranya di Granada, Spanyol, beberapa abad silam

 

Setelah tau sejarah d balik tradisi April Mop ini… akankah kita tega untuk ikut andil dalam merayakannya? Ato berpartisipasi untuk berbohong dan mengerjai orang lain dengan dalih hanya iseng?

 

gambar d ambil dari sini

2 comments:

  1. Sumpah parah banget ternyata sejarahnya itu. Untung waktu tanggal 1 April kemaren gak sempet tipu2 ke temen-temen, hehehe. Gila aja, ga penting banget soalnya.

    ReplyDelete
  2. to Eriek Sobieski
    iya riek..gak penting banget tipu2 gitu. Klo mo nipu2 mbook ya jangan tgl 1 April... Hehehhe... gak ding.. nipu2 gak baik..gak boleh itu :p

    ReplyDelete