Recent Posts

Friday 10 October 2008

Masjid Turen

Di jawa timur, khususnya daerah Malang dan sekitarnya, tersebar isu klo d daerah Turen -beberapa km dari kota Malang- ada masjid yang tiba2 ada..tanpa d bangun oleh siapapun. Orang2 menyebutnya dengan Masjid Tiban ato Masjid Turen.

Saat mudik k Malang, kami sekeluarga berkesempatan mengunjungi masjid itu.

Kesan pertama yang aq tangkap

"Subhanallah...arsitekturnya kereeen banget"

Keren dalam artian bener2 kereeenn...baguss banget. Gak bisa d ungkapkan dengan kata2 deh, padahal bangunannya lum fix 100% lho, masih terlihat beberapa sudut yang belum d poles oleh cat ato bahkan masih terlihat masih dalam proses pembangunan.

Kakakku sampe ngluarin komentar

"Wuihhh....kerenn...bahkan WC-nya pun ingin q foto"

Glodakkk..*komentar dudul.

Bangunan dengan total 10 lantai ini memiliki arsitekturnya yang gak seperti asitektur masjid biasanya, campuran timur tengah, cina, india, campur deh jadi satu, pun ornamen2 yang d pasang d hampir seluruh bagian masjid terlihat amat detail.

Pengunjung yang masuk dari pintu belakang, akan d suguhi oleh lorong panjang yang d hiasi dengan miniatur pohon kelapa yang menyalah..terlihat indah sekali. Kemudian d ujung lorong ada sederetan aquarium yang berisi beberapa jenis ikan -yang katanya jenis langka-. Juga ada pohon2 hias dan lampu2 yang menggantung, kesanku ketika itu seperti mengunjungi arena wisata layaknya jatim park ato apaan gitu, tidak terlihat seperti masjid pada umumnya.

D tengah2 juga ada taman luas lengkap dengan kolam dan kebun binatang. Bahkan d dalamnya juga ada lift. Trus d beberapa sudut ada bangku2 kayu yang mungkin d peruntukkan buat orang2 yang lelah setelah memutari masjid ini, bangku kayunya pun gak seperti bangku kayu kek d warung2 gitu, bangku kayu disini kesannya elegan ngunu... cailahhh...mantabs dah pokoknya

Berhubung belum semua bagian selesai d bangun, jadi masih ada kesan seram gelap yang tertangkap. Lorong-lorong yang terkesan rumit malah memperkuat kesan itu. Jangan2 klo salah masuk lorong gak bakal bisa keluar tuh. He3. Luas banget sih. Ada kale 5 hektar gitu tanahnya.

Yang sempat bikin aq bingung, ini masjid bagian untuk shalatnya dimana sih? koq kyknya gak ada ruang luas kek masjid2 pada umumnya buat shalat berjamaah gitu, adanya cuman ruang2 kecil yang terpisah2 buat wanita dan pria. Usut punya usut, ternyata ini tidak murni masjid, tapi juga pesantren, pusat pendidikan para santri gitu deh. Makane koq ada kolam mandi pria, kolam mandi wanita, tempat makan pria, tempat makan wanita. dll.

Gara2 mepetnya waktu berkunjung, kami gak sempet menjelajahi semua sudutnya, cuman ngiterin lantai 1 doang. InsyaAllah lha taun depan klo Allah dah ngasih kesempatan, bisa maen lagi kesana, mungkin aja ntar masjid itu dah kelar d bangun n hiasannya pun dah fix, pasti lebih indah ^^.

Review tentang Masjid Turen bisa d lihat d sini

Foto - foto







9 comments:

  1. uy link gw y!
    www.nisaitsme.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. subhanallah keren ce, tu arsitek tiang gede inspires turki kekna yak,moga bs ksana kalo mudik aminn..

    alamat?alamat lengkap ni masjid ouyy^_^

    ReplyDelete
  3. to luvmieq :
    iya ce arsitekturnya memang mantabz punya. campuran dari beberapa budaya gitu. Alamatnya yah d daerah Turen, Malang. Gak jauh koq dari Malang kota. 45 menit gitu keknya. Q tunggu cece mudiik ^^

    ReplyDelete
  4. sipp...bagus..wuihhh..pengen ah berkunjung,soalnya banyak banget cering punyata misterius(gosipnya seh..)hebat yah..siapa ya yang punya..ada alkisahnya tidak ya..bisa buat novel kan..seruu! ##hhe..**

    ReplyDelete
  5. kata ne seh ituw bangun nya dibantu ma jin.. truz kata ne jg orang2 yg ngerti alias orang orang pinter justru ndak bisa liat apa2.. hanya tanah kosong belaka...
    dan yg pasti orang2 yg udah tinggal di sana apsti ndak mau kluar lagi..

    klo dy bujang bakalan dicari in jodoh, klo dy berkeluarga dijamin hidupnya...
    nah lo.....

    ReplyDelete
  6. kami udah mengunjungi juga, lagi cari info untuk nulis ini, makasih & salam kenal ya

    ReplyDelete
  7. to Lifi Family
    salam kenal kembali. terima kasih y atas kunjungannya ^^

    ReplyDelete
  8. @zaqiatussyiva
    monggo silahkan..

    ReplyDelete