Recent Posts

Saturday 9 December 2017

[Day 10][Level 2] Games Bunda Sayang : Melatih Kemandirian

Biasanya, Sabtu Khanza sekolahnya libur, namun karena ada acara menjelang Hari Ibu, di sekolah diadakan acara menghias donat ibu dan anak.

Kalau ada acara begini, Khanza gampang sekali mandi dan sarapannya, tanpa perlu diingatkan. Zalfa juga karena kakaknya semangat Mandi, dia juga ikut mandi. Saya mengawasi sebentar cara Zalfa sabunan, Dan cuma mengoreksi sedikit. Dan karena Khanza makan sendiri, Zalfa juga memilih makan sendiri sementara saya mandi.

Piring selesai makan sudah mulai bisa ditaruh di belakang, tidak geletakan di Meja seperti biasanya.

Saya masih belum pede melepas pospak Zalfa saat bepergian. Ini salah satu alasan terbesar kenapa Zalfa belum lepas pospak, emaknya gak konsisten mentoilet training *self note.

Di acara sekolah, Khanza membantu saya menghias donat, dan alhamdulillah dapat hadiah hiburan. Alhamdulillah.

Masuk Hari kesepuluh melatih kemandirian anak ini, saya menyadari ternyata butuh konsistensitas, komunikasi Dan kerjasama orang dewasa sekitar untuk memandirikan anak. Akan sangat melelahkan bila diprogram sendiri karena aturan bentrok kanan kiri.

Komunikasi​ Produktif​ yang dipelajari di Materi sebelumnya amat membantu ketika mengkomunikasikan apa yang saya ingin sampaikan.

Bismillaah semoga bisa menambah lagi practical life skill terutama buat Khanza, karena selama 10 hari ini saya malah merasa yang bertambah skill nya malah Zalfa. Karena Khanza masih fokus ke uasnya. Semoga nanti saat liburan sekolah bisa mengajarkan Khanza beberapa practical life skill.

#Harikesepuluh
#Tantangan10Hari
#Level2
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian

0 comments:

Post a Comment