Recent Posts

Wednesday, 24 October 2012

Khanza Millestone - 1.5 Tahun -

Wuaahh..udah 1.5 tahun aja ni anak. Bentar lagi udah bisa d sebut toddler lagi nih, bukan infant lagi. Naik pesawat juga udah mesti bayar y nak 6 bulan lagi.

Apa saja ya perkembangan Khanza 1.5 tahun ini?
Subhanallah yang saya lihat dia cepat sekali menangkap dan meniru omongan orang. Misal kita ngomong kata baru, dia langsung bisa niruin.. walo masih agak pake bahasa planet.

Mengisi Air
-------------
"air minumnya diisi dulu ya, dek"
dan setelahnya setiap kali mo ngisi air minumnya selalu bilangnya
"diciya..diciya" aka diisi yaa

belum saya ajarin ngisi air sendiri pake dispenser sih, takut dibuat mainan sama dia.

Jatuh
-----------
Barang apapun yang jatuh ataupun dibuang, selalu bilangnya
"Atuh"
kadang klo dia jatuh kepleset, dia juga bilang
"Heheheh..atuuh..atuuh"

Khanza
---------
udah bisa nyebut nama dirinya
*nunjuk khanza
"Ini namanya siapa?"
"Ancaaa"

Permisi
---------
"Khanza..klo mo lewat bilang permisi dong..
kayak gini niih : Papaa..mama..permisi yaa..khanza mo lewat"
Khanza : cici..ciciii

klo lagi ngambek ato nangis karena dilarang sesuatu, naik tangga misalnya, dia bakalan ndusel2 kita suruh minggir trus tetap bilang "ciciiii...ciciii" sambil nangis :p.

Makasih
----------
Kadang klo lagi mood, klo dikasih barang ato makanan biasanya dia langsung bilang
"Maacih" bukan kloningnya kripik pedas ala bandung

Nyebut Nama pengasuh temen2nya
----------------------------------------
Mb siti  : Citiii
Mb Eti  : Etiii
Mb Mai : Emaaii

Mama VS Bibi
-----------------
Dan akhir2 ini kadang juga lebih memilih saya daripada si bibi *Yesss!!!
klo ada saya, pasti langsung ngawe2 sambil bilang
"Mamaaaa....ciniiii"

klo saya mainan sama anak tetangga dan dia sama si bibi, dia pasti langsung manggil2
"Mamaaa....Auuuukk"

Klo ada saya, pasti lebih memilih menyusu langsung daripada dari dot.
"Dek..mo minum botol?"
"Gak"
"Mo minum mama?"
*angguk2

Klo ada saya, pas mandi juga lebih memilih sama mamanya.
"Khanza mo mandi sama mama ato bibi?"
"cama mamaaa"

Pernah juga kejadian, khanza bangun pagi2 sekitar jam 1/2 4an disaat papa mamanya lagi molor dan gak sadar ni anak bangun. Dia turun sendiri dari tempat tidur trus langsung k bibi yang ada di dapur.
Gak berapa lama dia ngantuk lagi, trus sama bibi mo di tidurin dikamar sebelah.
Trus khanza bilang gini
"Mo ma mama"
"Bii...mo ma mama"
sama bibi disuruh balik sendiri k kamar.
Dan dia balik lagi k kamar, naik tempat tidur
"Mamaaa...Mo nuum"

Dan tadi pagi pas Khanza di gangguin papanya biar bangun. Dia manggilnya
"Mamaaaa"
saya yang masih setengah sadar cuma "Hmmmmm"
Papa     : *nyium2in Khanza lagi
Khanza : *merem setengah melek
              Mammaaaa
Saya     : Hmmm... *tetep merem
Papa     : Dekk..yang nyiumin papa lho ini
Khanza : *melek setengah merem
              Mamaa?
Papa     : Papaaa
Khanza : *melek
             Papaa?

Kekekek..papanya ngomel2
"Huuu..sekarang yang dicariin mamanya mulu"

Hhohoho..senangnya hatikuuu :D Lalalala

Ketrampilan2 lain juga lumayan berkembang.

Memakai sandal jepit sendiri.
gak tau nih siapa yang ngajarin, tiba2 dia bisa sendiri. Klo masukin jarinya salah..langsung dilepas lagi. Ngliat anak2 yang lebih gede kali ya.

Memakai sandal selop sendiri.
*sandal selop ini sebenernya ada talinya di belakangnya, tapi sama dia klo mo pake itu talinya dinaikin. jadinya tinggal dimasukin aja kakinya kayak pake selop. Model sandalnya tuh KWnya model sandal karet yang mihil.

Bisa minum dari gelas, pake sedotan, dan pake botol juga.

Klo udah pipis bilang "Ma...titis"
Klo mau pup kadang bilang kadang enggak, tergantung mood saja.
belum terlalu ngajarin banget tentang toilet training. Pelan-pelan saja. Yang penting khanza udah tau klo pipis dan pup itu mesti di kamar mandi. Cuma tinggal ngenalin dia sama rasa pengen ngluarinnya itu.

Gak lama ya sejak saya nulis milllestone yang kemaren. Xixixi..abisan seneng sih..ternyata sekarang masanya Khanza lebih memilih mamanya daripada bibi. Cihuuiii. *ketcuup Khanza.

0 comments:

Post a comment