Recent Posts

Saturday, 9 December 2017

[Day 10][Level 2] Games Bunda Sayang : Melatih Kemandirian

Biasanya, Sabtu Khanza sekolahnya libur, namun karena ada acara menjelang Hari Ibu, di sekolah diadakan acara menghias donat ibu dan anak.

Kalau ada acara begini, Khanza gampang sekali mandi dan sarapannya, tanpa perlu diingatkan. Zalfa juga karena kakaknya semangat Mandi, dia juga ikut mandi. Saya mengawasi sebentar cara Zalfa sabunan, Dan cuma mengoreksi sedikit. Dan karena Khanza makan sendiri, Zalfa juga memilih makan sendiri sementara saya mandi.

Piring selesai makan sudah mulai bisa ditaruh di belakang, tidak geletakan di Meja seperti biasanya.

Saya masih belum pede melepas pospak Zalfa saat bepergian. Ini salah satu alasan terbesar kenapa Zalfa belum lepas pospak, emaknya gak konsisten mentoilet training *self note.

Di acara sekolah, Khanza membantu saya menghias donat, dan alhamdulillah dapat hadiah hiburan. Alhamdulillah.

Masuk Hari kesepuluh melatih kemandirian anak ini, saya menyadari ternyata butuh konsistensitas, komunikasi Dan kerjasama orang dewasa sekitar untuk memandirikan anak. Akan sangat melelahkan bila diprogram sendiri karena aturan bentrok kanan kiri.

Komunikasi​ Produktif​ yang dipelajari di Materi sebelumnya amat membantu ketika mengkomunikasikan apa yang saya ingin sampaikan.

Bismillaah semoga bisa menambah lagi practical life skill terutama buat Khanza, karena selama 10 hari ini saya malah merasa yang bertambah skill nya malah Zalfa. Karena Khanza masih fokus ke uasnya. Semoga nanti saat liburan sekolah bisa mengajarkan Khanza beberapa practical life skill.

#Harikesepuluh
#Tantangan10Hari
#Level2
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian
Read More..

Friday, 8 December 2017

[Day 9][Level 2]Games Bunda Sayang : Melatih Kemandirian

Tak ada yang membuat emak bahagia selain kondisi aman terkendali di pagi hari.

Sarapan alhamdulillah sudah lolos makan sendiri, walau di beberapa suap terakhir Zalfa masih minta disuapi. Sementara Khanza aman.

Baju, buku, sepatu, dan perlengkapan sekolah sudah disiapkan Khanza sendiri.

Karena Hari ini Jumat berkah di sekolah, kami membawa nasi bungkus.
"Maa...Aku bantu bagiin mie-nya ya"
"Maa ajarin aku bungkus nasinya dong"

"Zalfaaa juga mauu bantu"
"Iyaa..Aak bagian bungkusnya, Nanti Japa yang taruh sendoknya ya, sama masukin nasinya ke plastik"

Emaknya dengan senang hati melihat mereka bekerja sama begitu 😁.

Zalfa menemani emaknya ke pasar, di pasar..Saya meminta Zalfa yang bertransaksi sendiri ke penjual nya saat membeli tahu dan tempe
"Pak beli tahu 5 ribu"
Penjualnya melirik saya yang memberi kode angka 5 baru meladeni Zalfa. Takut salah kali meladeni pembeli cilik. Hihihi

Pulangnya, Zalfa membuka sendiri sereal yang dibelinya saat di pasar, menuang susunya, mengambil air, menuang sereal dan makan sendiri. Yayy.

Sepulang sekolah, Khanza langsung minta makan. Karena agak senggang (Kenzie bisa diajak kerjasama) saya ajak mereka masak ayam Dan sayur bayam.

Diawali dengan mencuci ayam. Khanza yang jijikan menolak menyentuh ayamnya. Beberapa kali saya minta dia cuma mau colek2 aja, beda sama Zalfa yang langsung nyemplungin tangan buat pegang ayam.
"Khanza...Gini lho, nak. Masukin sini tangannya"
"Mamaaa..aku gak mauu. Kalau mama maksa gitu aku malah tambah gak mau lho" 😑
Emaknya akhirnya meminta Khanza bagian ngupas dan ngiris bawang.
Lalu mereka berdua metikin bayamnya. Sengaja beli 2 ikat biar bisa satu ikat satu orang.

Selesai masak, makan sendiri semua. Alhamdulillah..Belajar Hal baru lagi ya naak.

Besok belajar apa lagi ya kitaa.

#Harikesembilan
#Tantangan10Hari
#Level2
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian

Read More..

Thursday, 7 December 2017

[Day 8][Level 2] Games Bunda Sayang : Melatih Kemandirian

Rencana kemaren mau mengajarkan Khanza cuci piring ditunda dulu, karena seharian Kenzie gak bisa dititipkan ke akungnya.

Urusan makan sendiri, hari ini mereka lagi lahap sekali makannya, sarapan Khanza makan sendiri. Siangnya, pertama makan sendiri, lalu minta tambah , pas Khanza minta tambah, Zalfa minta ikut makan juga, jadi tambahannya ini yang minta disuapi. Mereka nambah sampai 6x 😓. Ckckck.

Zalfa, mandi pagi sudah bisa sabunan sendiri, saat saya mau bantu malah gak Mau, jadi beberapa titik yang tidak terjangkau saya pura2 nunjuk bukan 'nyabunin' biar dia mau disentuh.

Siangnya, Zalfa diajak bikin 'sate2an' sama Utinya. Cuma ayam dipotong tusuk di tusuk Gigi trus kasih kecap. Zalfa bagian nusukin ayamnya. Hihihi. Doyan dia.

Hasil UAS Khanza sudah dibagikan, alhamdulillah hasilnya memuaskan..paling rendah 80 paling tinggi 100. Proud of you, nak.

Bismillaah...besok belajar apalagi yaa..

#Harikedelapan
#Tantangan10Hari
#Level2
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian
Read More..

Wednesday, 6 December 2017

[Day 7][Level 2] Games Bunda Sayang : Melatih Kemandirian

Pagi diawali dengan sedikit hectic, Khanza UAS Hari terakhir dan Zalfa lagi sedikit drama pagi 😶.

Tanpa diminta, Khanza sudah makan sendiri. Hanya sesekali minta bantuan mengambilkan sayur bayam kesukaannya. Perlengkapan sekolahnya pun sudah disiapkan sendiri. Emaknya girang banget. 😘

Zalfa, yang memang lagi agak drama, makan minta disuapi. Tapi syukurnya, setelah kakaknya sekolah dan papanya kerja, dia berubah maniiis sekalii seperti gula 🙈.

Saya titipkan Kenzie ke akungnya, dan mengajak Zalfa  ke kamar mandi, misi hari ini mengajarkan Zalfa mandi sendiri.

"Zalfa..coba mama Mau liat Zalfa sabunan sendiri, nanti kalau sudah oke, gak perlu mama awasi mandinya"

Wahh senang sekali dia, langsung sabunan. Kalau Khanza selalu mau ngelakuin dengan caranya, gak suka diajari / diarahkan, kalau Zalfa nurut banget diarahkan.

Sabunan, keramasan, siram badan, pakai handuk, sampai memilih dan pakai baju bisa dilakukan sendiri. Kalau diberi nilai...Bisa lha poin 7/10.

Sepulang Khanza sekolah, saya siapkan telur dadar pakai mie, dan dia makan sendiri. Seragam kotor pun diletakkan di tempatnya. Alhamdulillah.

Besok sudah tidak uas, bismillaah mau mengajarkan Khanza cuci piring sendiri

#Hariketujuh
#Tantangan10Hari
#Level2
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian
Read More..

Tuesday, 5 December 2017

[Day 6][Level 2] Games Bunda Sayang : Melatih Kemandirian

Hari ke-6 ini masih campur aduk Khanza di suapi sama tidak. Alhamdulillah yang disuapi hanya jam makan siang saja, karena menunya ikan yang butuh diambil durinya. 

Alhamdulillah saya perhatikan, Khanza juga sudah mau diminta mengambil dan mengembalikan (sisa) makanannya sendiri. Bahkan sore tadi membantu says membereskan kamar Dan menyapu. Good job kakak 😘😘.

Sementara Zalfa, setengah hari pertama ka diajak keluar Utinya jadi terpaksa dipakaikan pospak. 

Dan syukurnya mereka berdua (banyakan) akurny hari ini. Hehe. 

Besok masuk Hari ke-7, coba memgkombinasikan kemandirian mengambil dan mencuci piring sendiri. 

#Harikeenam
#Tantangan10Hari
#Level2
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian
Read More..

Monday, 4 December 2017

[Day 5][Level 2] Games Bunda Sayang : Melatih Kemandirian

Kembali ke rutinitas. Tantangan memandirikan anak terbesar ternyata bukan dari anak, tapi dari  orang sekitar yang tidak memberi kesempatan anak agar bisa mandiri.

Beberapa hari ini, Khanza Zalfa lagi doyan sekali makan Tempe. Lauknya maunya cuma pake nasi plus tempe aja. Positifnya, kalau pakai lauk sesuai request, saya bisa minta mereka makan sendiri.

Hari ini, berhubung si papa lagi riewuh sama Kenzie, jadi gak bisa nyuapi anak-anak (yayy). Jadi untuk sarapan mereka makan sendiri.

Eh alhamdulillah siangnya juga 😄. Alhamdulillaaah... Emaknya happy deh.
Malamnya, Khanza makan sendiri dan Zalfa minta disuapi karena sudah ngantuk.

Selain progress makan sendirinya, yang patut diapresiasi, Khanza pulang sekolah langsung memenggantung baju seragamnya, menaruh tasnya sendiri juga. Dan menyiapkan keperluan mengaji dan persiapan uasnya besok.

Sedang Zalfa, hari ini si kakak kecil ini pakai memilih Dan pakai baju sendiri setelah mandi. Good job kalian berdua. Kiss kiss.

Besok, saya jadi ingin mencoba meminta Khanza mengambil makanannya​ sendiri.
Bismillaah...Makin besar makin mandiri ya, nak.

#Harikelima
#Tantangan10Hari
#Level2
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian
Read More..