Recent Posts

Friday 19 July 2013

Ramadhan Pertamaku

Bulan Ramadhan begini, jadi ingat masa-masa masih kecil dulu ketika baru belajar puasa. Saya baru bisa puasa full itu ketika duduk di bangku kelas 3 Sekolah Dasar. Telat, ya?. Entah lha..
yang jelas seingat saya..ibu tidak terlalu memaksa saya untuk puasa full.

Kalau saya sudah merengek kehausan atau ingin puasa bedug, ibu pasti langsung luluh.
Memberi segelas air dan sepotong kue. Sambil berkata
"Abis ini dilanjutin lagi, ya sampe maghrib". =P

Hingga suatu ketika, guru agama bertanya di depan kelas
"Siapa yang sudah bisa puasa full?"
Eeeh..lha koq hampir semua teman-teman mengangkat tangan. Huaaa...ketinggalan doong saya berarti. Langsung saya merasa maluu. Huuu gak mau ahh. Masa puasa bedug mulu.

Akhirnya saya bertekad..saya harus bisa puasa sehari penuh!!!. 
*pasang ikat kepala seperti iklan minuman di TV

Sahur hari itu saya makan sebanyak mungkin. Dengan pemikiran, kalau saya makan banyak...cadangan makanan dalam tubuh pasti lebih banyak. Jadi nanti siang apalagi sore, pasti tidak akan terasa lapar.

Ternyata jam 10 perut sudah bunyi-bunyi minta diisi. Huhuhuhu. Saya merasa dibohongi oleh semua makanan sahur yang tadi pagi saya makan. Pada kemana semuaaa merekaa?? Cepat amat kaburnya >_<.

Berhubung tekad puasa penuh sudah bulat. Saya mencari ide. Sepulang sekolah, saya harus mencari kegiatan..agar cacing-cacing atau naga dalam perut lupa dan tidak protes mencari mangsa.

Alhamdulillah letak rumah kami kala itu tepat disebelah toko buku besar. Jadi saya memutuskan sepulang sekolah, ganti baju langsung ngacir kesana. Baca buku sampe sore. Biar sampe rumah tinggal menunggu maghrib.

And.....it's work, lhoo.

Saya keasyikan baca komik, buku cerita, apa saja yang bisa dilahap sampai lupa waktu.
Tiba-tiba ada kakak saya datang menjemput
"Heee...cepet pulang, bentar lagi maghrib tuh"

Sampe rumah yang cuma sejengkal doang dari toko buku, semua hidangan buka sudah  siap di meja makan. Es buah, pecel lele, tumis kangkung.

Huaaaa...adzan maghrib saat itu terdengar indaaah sekali di telinga saya. Dan es buah hari itu terasa nikmat di tenggorokan saya. Perjuangan saya hari itu menahan lapar terbayar sudah. Saya merasa menjadi pemenang. *agak lebay memang =))

Dan begitu lha awal mula saya akhirnya bisa puasa full di bulan Ramadhan ^o^. Hari yang saya anggap bersejarah dan menjadi Ramadhan pertama saya yang sebenar-benarnya.

Inginnya nanti, Khanza gak usah nunggu segede saya dulu deh baru diajarin puasa full. Tapi gak usah dipaksain juga sih ^^. Seperti ibu yang menunggu kesiapan dan kesadaran dari saya sendiri.
Dan semoga nanti kisah puasa full Khanza juga bisa membuatnya terkenang sampai beberapa tahun kedepan sebagai kenangan indah di bulan Ramadhan.


Tulisan ini diikutsertakan untuk GA dalam rangka Ramadhan Giveaway dipersembahkan oleh Zaira Al ameera, Thamrin City blok E7 No. 23 Jakarta Pusat

6 comments:

  1. kalo disini bukan puasa bedug mbak namanya ...
    tapi puasa ayakan :D ( nu aya di hakan ) *kata orang sunda :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hoo...ya ya ya..di jawa timur istilahnya puasa bedug sih buat yang setengah hari gitu dea :)

      Delete
  2. Mbaaa...aku lupa kapan puasa full, jadi bingung besok cerita ke FAiz piye ya? hehee...memang harus dislimur istilahnya, jadi enggak keinget makan minum...

    Sukses kontesnya ya Mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya klo Faiz gak nanya, gak usah cerita mbak :D. Ato cerita versi lain. Hehehhe
      Makasiih y mbak Astin

      Delete
  3. memang kalo baca buku itu waktu serasa cepat ya, jadi penyelamat. hihi. terima kasih atas partisipasinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuul banget..suka lupa waktu klo baca buku.
      ^^ Makasih ya mba karryna

      Delete