Recent Posts

Saturday 11 August 2012

Hutang Sekolah

Ayah pernah berkata
"Ayah dan ibu sudah menyekolahkan kalian sampai S1, itu berarti kalian punya utang sama anak-anak kalian kelak. Setidaknya kalian harus bisa menyekolahkan mereka minimal sampai level S1"

Kata-kata itu selalu saya ingat. Dan sejak punya penghasilan sendiri, saya suka merasa bersalah sendiri klo keinget dulu suka ngambek klo gak diturutin maunya. Belum tau susahnya nyari duit sih.

Apalagi pas udah punya anak gini, saya suka mikir..weee orang-orang dulu yang punya anak 5 sampe 11 gimana ngebiayainnya siih?? Herann saiya.
*Ayah 11 bersaudara, dan kakek dulu cuma penjahit aja. Tapi bisa lho nyekolahin anak-anaknya. Saluut.

Baru punya anak satu aja klo ngitung-ngitung biaya buat sekolah dan kuliah nanti kepala berasa udah nyut-nyut-an gak karuan.

Makanya saya suka kesel klo ada anak yang orangtuanya mampu tapi mereka milih gak mau sekolah/keluar dari kampus. Dimana ortunya tuh udah ngluarin duit puluhan juta buat biaya masuk kuliah. Tapi setelah menjalani 1-2 bulan, tu anak keluar dengan alesan bosen atau gak suka sama pelajaran kuliahnya -_-".

Berasa pengen naplok aja gak siih?? Emang dirasa itu duit jatuh sendiri dari langit? Orang tua udah ngluarin duit segitu banyak..eh ini anak malah enak2an keluar gitu aja.

Gak kebayang apa, diluar sana tuh banyak banget anak yang pengen ngrasain sekolah, pengen kuliah..tapi gak ada biaya, karna orang tuanya gak mampu, dll.

Kayak si mbak pengganti bibi ini, dia kan putus sekolah pas kelas 2 SMP. Ortunya gak punya uang buat biaya sekolah, dan dia sebagai anak pertama diharuskan bantuin keluarga buat mencari nafkah. Sebenarnya orang tuanya masih muda sekali lho, si mbak masih berumur 15 tahun, dan ibunya masih 30tahun, bapaknya belum ada 35tahun. Masih muda kan ya??

Saya heran saja, kenapa bukan ortunya yang mencari nafkah? Kasian ngliat anak umur segitu mesti kerja. Padahal waktu saya umur segitu lagi seneng2nya sekolah, main, tepe2 ama cowok (lho?). Yahh..tapi kondisi tiap2 keluarga beda-beda sih ya. Saya gak bisa ngejudge orang tua anak2 yang putus sekolah gitu aja. Who am i to judge them?

Tapi ada juga lho, ortu yang kondisi ekonominya mampu..tapi memilih cara lain menempa si anak, dengan menyuruh mereka membiayai kuliahnya sendiri.
Salah satu teman saya misalnya. Selulus SMA, orangtuanya berkata
"Bapak ibu cukup biayai kamu sampai SMA, kalau kamu mau kuliah, kamu mesti cari duit sendiri"

Akhirnya tu anak jadi mandiri banget, dia jualan sayur!. Iyaa jualan sayuur boo. Malam-malam mesti ke pasar induk ambil dagangan trus pagi-pagi keliling komplek perumahan. Abis itu baru kuliah. Cak cek cak cek...hebat ya.

Makanya suka salut sama mertua saya, dengan keadaan ekonomi yang serba kekurangan, bisa nyekolahin 2 anaknya sampai kuliah. Kalo mas cerita perjuangan orangtuanya nyekolahin dia, suka berkaca-kaca sendiri dengernya.

Saya sampe malu, duuh..padahal jaman kuliah saya tinggal belajar doang, gak perlu mikirin makan apa, naik apa, beli buku tinggal minta duit k ortu, les ini itu dibiayain..eh lha koq kuliahnya banyakan mainnya deh -_-".

Disaat yang sama si mas mesti berjuang nyari beasiswa klo mau terus kuliah, mesti nyari duit dari ngeles-ngelesin privat buat hidup sehari-hari. Karena duit 50rb sebulan dari ortunya gak bakalan cukup buat bayar kost2an dan makan.

Dulu duit segitu buat saya enak-enakan aja dibuat nonton dan makan, si mas 50rb dibeliin mie instan sekardus buat bekal makan sebulan.
*Gak heran sekarang dia gak suka sama namanya belanja kalau gak butuh. beda banget sama istrinya yang suka laper mata
**close window online shop

Saya jadi ngerti kenapa ibu sering bilang
"Kamu ini lho, tugasmu tuh enak..cuma belajar. Diluar sana lho masih banyak anak yang mo kuliah gak ada biaya. Makanya mesti belajar yang rajin" ^^ *smooch mommy.

Dan setelah membaca buku 23 Episentrum, perjalanan mata, hari dan hati karangan adenita pinjeman dari mb nyun. Saya jadi diingatkan kembali...untuk bersyukur dan berbagi. *Like this book ^^

Nah, untuk Khanza, semoga nanti kami bisa membiayai sekolahnya biar dia bisa belajar dengan tenang tanpa mikirin biaya sekolah. Minimal sampe S1 y, dek. Amiiiinnn
*pingsan ngliat jumlah perkiraan biaya sekolah.


3 comments:

  1. hehe.. jadi ingat obrolan tadi pagi sama bibik di rumahku, "jaman sekarang duit 50ribu mah sekali jalan bisa abis yah de..mpok (dia emang biasa dipanggil gini sih sama orang2) pengen jalan2 cari baju aja, paling dpt apa sih pake duit 50ribu, ga bisa dapet baju yang bagus juga" *terenyuuuuh* *sambil mikir, #kodeTHR banget nih, huahahahaha*

    memang rejeki itu sepantasnya disyukuri karena nilai uang itu pasti berbeda ya untuk tiap orang :)

    ReplyDelete
  2. Ralat sis...
    Nyari duit gak susah ah..
    Itu di ragunan... orang jual aqua aja 8000 perak sebotol...
    Profitnya 500% dari modal tuh...
    Cuman perlu momennya aja :D

    ReplyDelete
  3. bapak mertua-ku (dan ibu jg tentunya) adalah sosok sepasang orang tua yg sangat aku kagumi (setelah ortu-ku sendiri tentunya ya). Anaknya 8 lho, alhamdulillah bisa kuliah semua. Bapak dan ibu bekerja sebagai pedagang, punya toko di Pasar. Dan rasa2nya toko-nya ya cuma 1 itu aja.

    Hare genneeeeeh.... yg belom punya anak macam aku ini aja pecas ndahe kalo ngeliat biaya kuliah jaman sekarang, du du du du.... masuk PTN ajah puluhan juta....

    meskipun dulu dollar cuma 2500rupiah, tp sesungguhnya gak akan bisa lah nyekolahin anak 8 sampe S1 kalo bukan atas pertolongan-NYA... *edisi solekhah*

    ReplyDelete