Recent Posts

Thursday 10 March 2011

Hemat Air

Pernah merasakan dirumah tidak ada air yang mengalir setetes pun? Tidak hanya sejam dua jam, tapi sampai seminggu full? 7 x 24 jam?

saya pernah. Duluuu banget, pas masih d Surabaya. Rumah yang berdiri sejak tahun 70an. Kenapa saya tahu? Karena saya sempat melihat coretan tahun yang di tulis di salah satu kayu plafon rumah. Tak heran 'onderdil'nya pun mungkin sudah waktunya ganti. Salah satunya pipa air di rumah. Byuuuh...seriing banget 'ngambek' dan jadinya airnya ngadat..gak ngalir walo hanya setetes pun. Sigh. Seminggu itu waktu paling lama dia ngambek.

Waktu itu pipa air di rumah rusak. Jadi sepanjang kampung itu cuma rumah saya seorang yang airnya gak jalan. Huhuhuhu.

Mo menunaikan hajat selalu harus minta air di masjid depan rumah. Jangankan kuliah dengan dandanan yang cantik. Saya harus datang pagi-pagi ke kampus dan nyelinap di salah satu toilet kampus tuk numpang mandi. Bis itu ngikutin kuliah dengan tampang polos yang udah di poles bedak n semerbak parfum nyong-nyong. Bawaan ke kampus tak lagi hanya buku catetan tapi juga perlengkapan mandi. Hohohoho.

Itu kalo jam kerja/sekolah/kuliah...karena enaknya seisi rumah bisa ngungsi ke tujuan masing-masing n mandi di tempat. Nah..klo libur? Masa mesti ke kampus/tempat kerja cuma buat mandi ato mo numpang ke toilet? Hohoho..tidak mungkiiin kan?.

Saya dan kakak-kakak terkadang ngaburnya ke rumah sakit di dekat rumah...ato kampus terdekat dari rumah untuk numpang mandi dan keramas (nikmatnyaa klo bisa keramas gituu)..trus ngabur ke mall terdekat...bisa seharian niih ngedon di mall klo lagi libur gitu. Biar gampang klo lagi mo ke toilet. Heheheheh..

Saya tahu betapa susah, gak enak dan menderitanya kalo gak ada air di rumah. Bayangkan malam-malam anda pengen ke toilet..buat ehemm...pup misalnya. tapi gak ada air..Huhuhuhu.. Apa gak pengen nangis aja tuh??.

Karena saya tahu itu lha..saya jadi sebel banget sama orang-orang yang membuang-buang air seenaknya aja. Cuci muka, sikat gigi di wastafel tapi air masih ngalir, nyalain keran tapi dianya gak langsung pakai tapi malah ngobrol ngalor ngidul sama temannya. Arghhh..plisss dehhh. Emang air gratiss apa?? Mahall tauukk!! Apalagi air bersih yang jernih. Pliss..jangan di sia-siakan gitu aja. Kasian sodara-sodara kita yang daerahnya kekurangan air, kasian mereka-mereka yang gak bisa menikmati air bersih dan rela pakai air yang gak sesuai standart kesehatan saking butuhnya.

Hemaat air yaa...gunakan seperlunya.

*postingan karna miris lihat mereka-mereka yang menyia-nyiakan air seenaknya. T_T

gambar diambil dari sini

1 comment:

  1. pengamatan langsung dari toilet sama mushola cewe ya? :)

    ReplyDelete