Recent Posts

Monday 31 January 2011

Kram Dan Kesemutan saat Hamil

Sejak hamil, badan seorang perempuan akan berubah seiring dengan perkembangan janin. Perubahan itu kadang tidak nyaman..tapi tetap penting.

Seperti saat trimester pertama, calon ibu akan merasakan mual-mual. Ada yang parah dan ada yg tidak. Mual-mual tersebut menandakan plasenta janin sedang berkembang, jadi itu hal yang wajar :).

Saya sendiri, alhamdulillah sudah merasakan mual-mual dan muntah (yang Alhamdulillaaahhh...tidak parah), sudah (dan masih) harus sering-sering ke toilet, sudah merasakan pegal-pegal di punggung, dan sudah (masih) merasakan kaki yang bengkak.
*Btw klo bengkak diiringi dengan tekanan darah tinggi dan adanya protein dalam urine, harap waspada ya..takutnya kena pre-eklamsia (keracunan kehamilan).

Yang paling terakhir saat ini dan lumayan bikin kerepotan adalah kram dan kesemutan. Seringnya pada tangan kanan saya. Yupz.. inilah yg bikin saya uring2an dan pengen gigit orang =P. Gimana enggak...datangnya selalu saat dini hari. Biasanya sih maksimal satu jam sudah bisa reda dan saya bisa kembali tidur. Tapi kapan hari itu, serangannya datang lebih awal dan gak ilang-ilang ditambah nyeri yang tidak seperti biasa...membuat saya tidak bisa tidur lagi.

Don't ever make a mess with pregnant woman who lack of sleep.
Bener-bener jangan klo gak mo d lempar obeng :p.

Nah..hasil kontrol kemaren, saya curhat tuh sama dokternya kenapa sih kram dan kesemutan ini datang. Dokter bilang, ini karena janin sudah mulai membutuhkan vit.B1. Dan karena asupan makanan saya akan sumber vit.B1 ini kurang, akibatnya kram dan kesemutan ini.

Solusinya sama bu dokter d kasih tambahan vit.B1 dan disuruh sering2 memakan sumber vit.B1 (kacang hijau, beras merah, putih telor minimal 2 tiap hari, dll).

Hari pertama setelah meminum vit tersebut, alhamdulillah kesemutannya masih ada :p, tapi datengnya pas saat waktu bangun pagi. Yayy. Lumayan lha.

hari Rabu kemaren sebenernya adalah jadwal kontrol bulanan kami, dan saya sudah pesen tuh dari jauh2 hari..
"Deekk..ntar klo ke dokter, ngangkang ya sayang..yang lebarr. Biar papa mama bisa ngliat dedek ini cewek pa cowok" :D

Eh hari itu kami batal ke dokter, karena dapet antrian yang naudzubillah.

Sampe rumah, dedeknya nendang2 mulu tiada henti sampe malem. Protes kali ya..

"Iihh..ini papa mama gimana siih..akyu udah ngangkaang nih..manaaaa katanya mo di foto" =)).

Nah, Sabtunya pas mo kontrol lagi. Saya kembali berpesan
"Deekk..sekarang k dokter lagi nih. Benerang koq gak batal. Ngangkang ya dekk.."

Dan hasilnya...

si dedek ngangkang dengan lebarnya =)).

Ahhh...makasiiih y sayaang udah nunjukin ke papa mama. Xixixixi.
Lucuu deh kmu ngangkang-ngangkang gitu ;).

Si dedek lagi seneng maen akrobat nih d dalam, posisinya jadi sungsang. Padahal bulan lalu dah bagus posisinya. Disuruh sering2 sujud sama ngepel biar kepala dedeknya bisa muter ke bawah. Belum boleh jalan-jalan dulu, biar otot pinggul gak menguat. Takutnya klo otot pinggul udah menguat, ntar si dedek susah mo muter2. Nah, untuk anak pertama posisi sungsang agak riskan. Katanya bu dokter sih karena jalan lahirnya belum teruji. Klo udah anak kedua, mungkin masih bisa d usahain. Soalnya bayi hanya diberi waktu maksimal 8 menit untuk melewati jalan lahir. Lebih dari itu, tidak tertolong.. Naudzubillah.

Bulan ini masuk minggu ke-27/28, berat si dedek udah 1303 gram alias 1.3kg. Dan si ibu naek 3kg lagi dari bulan lalu. *sebentar lagi saya akan menyusul berat si mas..Gyaaaaa....
Tekanan darah alhamdulillah masih normal (90/70) jadi resiko pre-eklamsia gak ada.


Semoga bisa tetap sehat sampai hari persalinan. Osshh..semangaat.

*elus-elus perut..
Yang sehaaat y sayaang...muuuachh.

Gambar diambil dari sini.

1 comment:

  1. yahhh, udah baca dengan seksama sampe akhir, tetep ga di-spoiler ya cewek atau cowok nya ^^; penasaran niiih, heheh...

    ReplyDelete