Recent Posts

Wednesday 24 March 2010

Pamali oh pamali


Orang Jawa pasti pernah denger sama istilahnya Pamali kan?? Pantangan atau larangan yang kalau di langgar bisa celaka atau gimanaaa gitu lha..CMIIW. Mungkin larangannya bermaksud baik. Tapi terkadang alasan kenapa di larang itu bagi saya masih membingungkan untuk diambil hubungannya.

Keluarga saya bukan keluarga Jawa asli di tambah dulu lama di luar pulau Jawa. Meski ibu berasal dari Jawa, tak pernah sedikitpun kami d ajarkan dengan istilah pamali. Jadi setelah kami sekeluarga hijrah ke pulau Jawa dan tinggal bersama mbah yang masih memegang adat istiadat Jawa, bisa di bayangkan betapa bingungnya saya.

Tidak hanya kendala bahasa Jawa yang acak kadut. Pamali ini juga jadi sering terdengar di telinga. Duduk di depan pintu sebentar saja, sudah langsung di teriakin
"Ehh..gak boleh duduk disana.. pamaliiii"
Lama di kamar mandi, di teriakin kalimat itu juga.
Bangun agak siang , pasti langsung di sambut kalimat itu. *klo yang ini sering banget dengernya...sering bangkongan (bangun siang .red) sih saya ;))
Berhubung saya ini cucu mbah yang agak riwil, di teriakin kalimat kayak gitu...tidak hanya mingkem trus manut dan nurut. Seringnya saya akan melontarkan tanya
"Kenapa gak boleh?"
Dan kalau mbah sudah mengutarakan alasannya, yang saya rasa tidak masuk akal atau gak nyambung, saya akan balik lagi bertanya
"Lha..kenapa bisa gitu? hubungannya apa?"
Biasanya mbah akan sewot trus ngomel-ngomel
"Iiih..anak sekarang.. susaaahnya di kasih tauu"
dan saya hanya nyengir-nyengir melihat mbah berlalu sambil ngomel-ngomel :p

Pernah ketika mbah melihat saya tidak bersih menyapu rumah. Beliau langsung bilang "Hee..perempuan nyapu koq ra bersih ngene. Bojone brewoken lho engko".
("hee..perempuan nyapunya koq gak bersih gini. Suaminya brewo'an lhoo ntar", red)
Saya langsung senyam senyum ...sudah mulai terbiasa menanggapi mbah tercinta.
"Brewo'en juga ndak papa mbah.. tetep cakep koq.." ujar saya sambil membayangkan aktor telenovela kesukaan saya yang brewo'an menggoda.
Dan sebelum mbah membalas, saya melanjutkan
"Lagian klo brewo'an kan bisa di cukur mbahh" lanjut saya sambil ngikik dan kabur kedalam kamar sebelum mbah mengeluarkan petuah-petuahnya..



gambar di ambil dari sini

1 comment:

  1. manut wae le karoo wong tuo.... heeh tho??

    ReplyDelete