Recent Posts

Monday 8 September 2008

My Big Family


Apa jadinya klo qta mempunyai keluarga besar? Terutama keluarga besar yang sepertinya tiap tahun makin menambah daftar keluarganya?
Terlepas dari kerepotan menghapal nama masing2 anggota keluarga (apalagi keluarga dengan produktivitas tinggi untuk menambah anggotanya), menurutku mempunyai keluarga besar adalah karunia tersendiri. Tidak mungkin kan kita hidup d dunia ini tanpa adanya keluarga yang menyertai.

Entah keluargaku bisa termasuk keluarga besar ato tidak. Keluarga inti hanya terdiri dari ibu, ayah, aku dan kedua kakakku. Ibu adalah anak pertama dari 5 bersodara dan ayahku adalah anak ketiga dari 11 bersodara.Keluarga besar gak y gitu itu :p
Aku tidak mempunyai kesulitan berarti dalam menghapal silsilah keluarga ibu, secara selama ini aq tinggal satu kota dengan mereka dan berinteraksi dengan mereka. Pun sampe saat ini silsilahnya masih generasi kedua. Jadi tidak sulit menghapalnya, kan urutannya masih sesama sepupu.

Yang sulit itu dari pihak keluarga ayah. Karena kami tinggal beda kota, jadi frekuensi ketemu amat sangat jarang. Apalagi sekarang tidak ada lagi eyang putri tempat kami biasa berkumpul kala lebaran. Terakhir kali aq k jakarta untuk berlebaran dan berkumpul dengan kluarga ayah adalah saat kelas 6 SD. itu 10tahun yang lalu!! Bisa d bayangkan kan lamanya..

Beda dengan sepupu2 dari pihak ibu yang sepantaran ato lebih muda (kakak2ku yang paling tua. Heheh). Sepupu2ku dari pihak ayah itu mayoritas usianya jauuh d atasku. Jadi waktu tiba2 ternyata aq kerja disini, satu kota dengan kluarga ayah. Wuiiih...serasa ramee bgt. banyak kabar2 baru yang beredar. Sepupuku yang ini baru aja nikah n punya anak, yang satunya lagi anaknya dah 2, beberapa malah anaknya dah gede2. Malah om2ku masih aja aktif berproduksi menghasilkan sepupu2 baru. Fiuuuh.

Tiba2 saja aq menyandang panggilan "Tante" ato "Budhe" dsini. Ughh...haruus yah. Huhuhu...biasanya aq sok2 gak noleh gitu klo panggilan itu datang dari gerombolan keponakan-keponakan bejibun yg notabene usianya gak jauh beda dari aq (Paling gede kls 3 SMA lho). Berasa gak ikhlas aja klo dalam usia semuda ini (cailahh..muda dari Hongkong!!) dah harus d panggil "Tante" ato "Budhe"??!!!. Tidaaakkkk!!!.

Bikin puyeng ngapalin nama kponakan2 yang nongol2 dah bjibun gitu. Lha wong, sampe sekarang aja aq masih blm apal urutan sodara2nya ayah koq, apalagi urutan sepupu2ku, om ini adek apa kakaknya tante ini ya? klo tante ini sama om ini tuaan siapa ya? ini anaknya siapa, ini anak keberapa, ini namanya siapa, ini cewek apa cowok (lha??). Wes..pokoknya blibet gitu. Ato emang kapasitas otakku minim yah. Jadinya bwt ngapalin nama2 gitu rada lemot.

Bayangin aja duunk..kluarga ayah silsilahnya gini
*siyap siyap ambil posisi Pe-We bwt membayangkan*
1.uwakku(sebutan untuk kakaknya ayah, kayak pakde, dah almarhum) yang pertama aja punya 6 orang anak. Dah pada nikah semua, masing2 orang punya 1-2 anak (hitung berapa total kponakanku, pake rumus integral parsial yah...-hehehehhe :p -)
2.uwakku(dah almarhum juga) yang kedua punya 5 orang anak, dah nikah semua, tp lum punya anak
3.ini ayahku, satu2nya yang anak2nya dengan umur 20 tahun k atas tp blm ada yg nikah. ...mau ah jadi pioneer ;-)

Nah...bis ini nihh...aq bingung urutan2nya. Mana omku yg duluan, mana tanteku yg duluan. Jadi seingetku aja y

4.omku yang ini(dah almarhum), anaknya 2, sudah pada nikah, yg satu anaknya dah 2.
5.tanteku ini punya 3 anak, dah pada nikah. Yg satu dah punya 2 anak, sisanya masing2 punya 1 anak.
6.omku yg ini punya 5 orang anak. Spupuku yg terakhir baru aja nongol beberpa bulan yg lalu, dan gak mnutup kmungkinan kedepannya bakal nongol spupu baru. ;)
7.tanteku yg ini gak nikah
8.omku yg ini anaknya 2 klo ga salah. sumpeh..jarang ktmu sih ma om yg ini.
9.tanteku yg ini anaknya 4, dah pada nikah semua. Dari sini penyumbang kponakan pertama kali. Total ada 6 kponakan, 2 dari masing2 spupu.
10.omku yg ini punya 3 anak, sepupuku yg terakhir jg nongol baru2 ini.
11.Hmmm...kyknya yg terakhir ini dah gak ada dari dulu deh.

Hoshh...hoshh...hoshh...nulisnya aja dah bikin capek.

Klo mo maen k rumah semuanya, dijamin sebulan gak bakal cukup. Apalagi didukung oleh keberadaan cikarang yang jauh dari peradaban, pasti memakan waktu seharian klo mo pergi2 k rumah mereka yg ada d depok, bekasi ato jakarta misalnya. Alhasil aq baru sukses merambah sebagian kecil rumah mereka.

Belum lagi d tambah sepupunya ayah yang ada d Bogor dan Bandung. He3. Jalan-jalaaan teruuus...baguuusss.... ^^

Ssstt...ternyata sodara2 sepupunyanya ibu jg banyak lho yg tinggal d jakarta. Hohohoho...gak ngrasa sendirian deh tinggal dsini :)

Gambar d ambil dari sini

7 comments:

  1. Baru dipanggil Tante / Budhe aja uda heboh. Ane lho baru berumur 22 tahun uda dipanggil KAKEK!!! :p

    ReplyDelete
  2. hihihi.. ul, kluargaku jg kluarga besar niy
    yg dari papa 8 bersodara, mama 7 (eh, ato 8 jg ya :)) lupaaa). kluarga mamaku di malang siiih, jadi juaraaaang sekalee ketemu. sekalinya ketemu, ternyata aku paling tua diantara sepupu2ku (terpautnya jauh pula. paling gede mgkn skrg masi smp. ato malah sd. yaikss.. berasa tua deee :p)
    n aku bener2 ga inget nama2 sepupu2ku itu ^^ parah dah :D
    tapi asik kok. klo pergi2 ke luar kota jadinya rame2. seruuuu :) sooo, syukuri aja deh punya kluarga besar
    (skrg jd bingung.. ni oleh2 dari korea mo abis brapa banyak yaaa mbeliin buat mereka. glek..)

    ReplyDelete
  3. to dataq :
    Duuh...yang segitu bangganya rek d panggil KAKEK d usia dini :)). Iya siih..kmu kan bahkan sudah punya ponakan yang jauh lebih tua dari kmu kan. Huehehhehe

    to xcute7:
    Huehehehhe...lipoo bawa yang banyakk lha oleh2nya.. gak cuman kponakan2 n sodara2mu saja yang mau.. teman2 kostmu disni juga menanti jatah oleh2mu dan eriek dsini. huehehheheh. Mizz u. Muuach

    ReplyDelete
  4. enak kayaknya keluarga besar ya mbak.... aku klu spupu2 banyak... klu ngumpul da besar2 ne(hala sok besar) enak rasanya... waktu kecila ja kali yang suka ribut.... :)

    salam kenal dr pulau sumatra

    ReplyDelete
  5. to wenda:
    Heheheh iya enak banget punya keluarga besar. Rame ^^. Iiih..koq sama ya, waktu kecil aq jg sering ribut ma spupuku, sekarang mah dah asyik2 aja. He3 masa brantem mulu ;)

    salam kenal jg ya dari cikarang :)

    ReplyDelete
  6. ahahahaha...

    Hmmm...aku harus manggil Om ke orang yg sebaya ma aku...

    lucu juga kok Rul...

    apalagi Omku ini kacau ahahahaha

    ReplyDelete
  7. to noychi:
    heheheh...aq malah punya jeng OM yang lebih muda dari aq. Ada yg masih SD, SMA n Kuliah. Malahan keponakanku yang SMA itu punya OM yang masih bayi. Wekekekek...
    silsilah yang membingungkan

    ReplyDelete